Hai readers..

Masih bingung menentukan pilihan antara membeli rumah atau membeli apartemen?? Eits jangan bingung, mungkin artikel kali ini akan sedikit memberi pencerahan buat kalian semua yang masih bingung antara beli rumah atau apartemen hehe.

Memang guys.. untuk membeli keduanya butuh pertimbangan yang matang. Karena keduanya merupakan investasi di masa mendatang. Kan juga gak mau menyesal di kemudian hari hehe.. 

Nah..Salah satu pertimbangan yang bisa kalian lakukan yaitu dengan melihat banyaknya keuntungan atau kerugian saat membeli rumah ataupun apartemen. Selain itu juga banyak sekali faktor yang harus disesuaikan dengan aktivitas sehari hari dan kemampuan ekonomi diantaranya jangkauan hunian ke tempat kerja, fasilitas yang tersedia di sekitar hunian dan masih banyak lainnya.

Seperti yang kita tau, tinggal di apartemen mungkin terlihat cocok bagi mereka yang masih single atau sering menghabiskan waktu di luar. Sedangkan membeli rumah tentu menjadi impian semua orang di masa mendatang. Sebenarnya guys.. baik apartemen ataupun rumah masing masing memiliki kelebihan dan kekuranganya sendiri. Nah… buat kalian yang mau tau kelebihan dan kekurangan rumah atau apartemen cekidot yuk!

 Lingkungan tempat tinggal

Ketika memilih tempat hunian tentu ada hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah lingkungan tempat tinggal. Lingkungan temat tinggal antara di apartemen dan di rumah tentu memiliki perbedaan. Ketika memilih tempat tinggal di apartemen tentu tidak akan bisa leluasa karena selalu dibatasi oleh peraturan dan anda tentu tidak bisa mendapatkan privasi yang maksimal. Selain itu, luas di apartemen bersifat tetap tidak bisa diubah. Berbeda dengan tinggal di rumah yang bisa mendapatkan privasi maksimal, menikmati tempat tinggal dengan leluasa dan bisa merenovasi rumah sesuai dengan keinginan.

Hak Kepemilikan

Hak kepimilikan merupakan faktor yang penting sebelum memilih tempat tiinggal. Karena ketika  seseorang  akan membeli lahan atau bangunan tentu mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM) yang selamanya akan menjadi hak milik penghuni rumah selama rumah lahan atau bangunan itu belum dijual. Berbeda dengan saat membeli appartemen, yang diterima hanya sebatas Hak Guna Bangunan (HGB) yang hanya berlaku 20 tahun dan perlu diperbarui ketika masanya habis.

Investasi

Tempat tinggal merupakan salah satu investasi di masa mendatang. Oleh karena itu diperlukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan antara membeli rumah atau apartemen. Dari segi investasi juga masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika membeli apartemen nantinya juga memiliki peluang yang menghasilkan investasi lebih saat disewakan apalagi memiliki lokasi yang strategis. Sedangkan, rumah juga menjadi aset yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan karena harga tanah yang terus meningkat setiap tahunnya.

Pemeliharaan dan Keamanan

Dimanapun anda tinggal tentu juga membutuhkan biaya perawatan. Begitu juga dengan rumah atau apartemen. Jika memilih untuk tinggal di apartemen tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal setiap bulannya karena terakomodasi dengan fasilitas yang nyaman. Berbeda dengan rumah tapak yang menjadikan pemiliknya lebih mandiri dan hemat karena semua perawatan dilakukan sendiri tanpa bantuan pengembang.

Lokasi

Menentukan lokasi juga menjadi pertimbangan saat membeli apartemen atau rumah. Karena hal tersebut akan mempengaruhi segala aktivitas anda sehari hari. Salah satu hal yang harus dipikirkan ketika memilih lokasi yakni jarak. Di masa sekarang sangat sulit mendapatkan lokasi rumah tapak yang dekat dengan wilayah kota atau di pusat kota kalaupun ada pasti harganya juga sangat melambung tinggi. Oleh karena itu, pengembang memusatkan pembangunan rumah tapak di wilayah pinggiran kota. Tujuan dibuatnya apartemen sebenarnya juga untuk mengatasi permasalahan sempitnya lahan di wilayah perkotaan. Oleh karena itu, jika pekerjaan mengharuskan anda untuk tinggal di dekat kantor maka tingga di apartemen akan lebih baik daripada di rumah tapak yang harus menempuh jarak yang cukup jauh. Akan tetapi apartemen di wilayah perkotaan atau di pusat kota tentu juga memiliki harga yang cukup mahal karena ketersediaanya yang juga terbatas.

Categories: Beli Properti

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *