Hai sahabat properti…

Siapa sih yang gak menginginkan rumah yang bersih dan nyaman?

Setiap orang yang memiliki tempat tinggal tentu juga mempunyai kewajiban untuk menjaga dan merawat kebersihan rumahnya kan? Tempat tinggal yang bersih dan rapi tentu juga akan membawa kenyamanan untuk setiap penghuninya. Eitss.. Perlu kita tau guys, rumah yang bersih belum tentu sehat lho.. terkadang masih banyak sekali bakteri yang menempel dan bersarang di setiap penjuru rumah. 

Gaada ruginya kan kalau kita selalu menjaga kebersihan rumah? Yang akan merasakan manfaatnya ya diri kita sendiri hehe..

Dengan menerapkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan rumah tentu juga akan banyak manfaat yang didapat salah satunya terjaminnya kualitas kesehatan bagi penghuninya. Akan tetapi guys, ada hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan rumah yakni kuman dan bakteri karena dua makhluk tersebut berukuran sangat kecil dan tidak kasap mata jika dibiarkan tentu juga akan mengganggu masalah kesehatan. Nah.. Berikut ini beberapa tips untuk menghindari kuman ataupun bakteri di dalam rumah. Mau tau?

Cekidot yuk!

Membersihkan peralatan kamar mandi 

Seperti yang kita tau, kamar mandi merupakan tempat untuk membuang kotoran setiap hari. Jadi, wajib banget untuk selalu dijaga kebersihannya . Beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari bakteri atau kuman di kamar mandi yakni dengan tidak meletakkan handuk di dalam kamar mandi karena handuk yang kotor menyimpan banyak kuman seperti e coli yang ditemukan di feses. Kan bisa bayangin kalau bakteri di handuk tersebut menempel di tubuh kita pasti akan jadi penyakit. Cara lain yang bisa kalian lakukan yaitu dengan rutin mengganti sikat gigi karena sikat gigi merupakan tempat yang sering dihinggapi kuman. Bakteri di kamar mandi berasal dari feses dimana ketika kotoran feses tersebut disiram dengan bagian penutup terbuka partikel urin, air dan feses mampu naik kurang lebih 2 meter dan sering hinggap di sikat gigi. Ihh serem ya ternyata 🙁

Tidak memakai alas kaki di dalam rumah

Jangan menggunakan alas kaki yang sebelumnya dipakai di luar rumah karena hal tersebut tentu akan membawa banyak kotoran dan debu masuk ke rumah. Jadi guys, kalau kalian ingin memakai alas kaki di dalam rumah bedakan antara alas kaki yang dipakai di dalam rumah dan di luar rumah ya.. sehingga tidak membuat rumah kalian terlihat kotor.

Menutup Jendela

Jendela merupakan ventilasi udara yang tentunya juga sangat bermanfaat untuk rumah. Akan tetapi, melihat musim yang gak menentu membuat kalian harus tetap menjaga kebersihan rumah lho.. Misalnya dengan menutup jendela jika dikira tidak diperlukan karena dengan membuka jendela terkadang malah menyebabkan alergi atu bakteri bagi anda dan keluarga di saat musim seperti ini . Udara yang masuk ke dalam rumah melalui jendela kan belum tentu udara yang bersih justru terkadang juga membawa kuman atau bakteri yang menyebabkan penyakit kan? Jadi, lebih baiknya untuk menjaga rumah agar tetap sejuk dengan menutup jendela dan memeriksa penyaring udara yang ada pada pemanas atau ventilasi sehingga tetap bersih dan bebas dari kuman.

Memanfaatkan tanaman

Tanaman dikenal sebagai penyejuk ruangan karena memberikan kesan yang alami. Tapi ternyata selain berfungsi sebagai penyejuk di dalam rumah tanaman juga berfungsi sebagai media penghambat jamur dan alergen lainnya lho.. Caranya dengan meletakkan tanaman di bagian depan rumah yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik karena jika tidak akan menyebabkan pot tanaman ditumbuhi oleh jamur sehingga membuat rumah terlihat kotor.

Membersihkan keran

Banyak dari kita yang sering lupa membersihkan tangan sebelum memegang apapun. Sebenarnya itu hal buruk yang harus ditinggalkan lho.. Karena tanpa kita sadari ketika kalian akan mencuci tangan tentu juga akan memegang keran yang membuat kuman atau bakteri akhirnya menempel disana. Lalu gimana caranya agar kuman atau bakteri tidak menempel? Caranya  dapat dilakukan dengan rutin membersihkan keran menggunakan desinfektan. Kalian dapat menggunakan air hangat, baking soda untuk membersihkan keran yang berbahan stainless steel dan poerselen atau menggunakan sabun organis lembut dan cuka putih distilasi. 

Talenan

Kalian tentu juga sering mendengar kata talenan kan? Iya benar sekali talenan merupakan alat dapur yang sering sekali digunakan ketika memasak. Untuk membersihkannya anda bisa memanfaatkan air perasan lemon dan garam. Selain itu juga bisa menggunakan air larutan pemutih yang dicampur air dengan perbandingan 1 banding 9 untuk menyekan permukaan talenan yang telah digunakan untuk memotong daging mentah. Dengan cara seperti itu talenan akan selalu terbebas dari kuman.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar rumah kalian tetap terhindar dari kuman dan bakteri guys.  Semoga bermanfaat:)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *