Halo readers..

Siapa sih yang kenal degan nyamuk? Iya hewan satu ini hampir setiap hari menghampiri kita kan? Udah kaya doi aja yang tiap saat selalu ada hehe. Nyamuk merupakan salah satu serangga  yang sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari – hari di sekitar rumah. Akan tetapi hewan satu ini juga dikenal sebagai salah satu serangga yang dapat menyebabkan berbagai penyakit melalui gigitannya lho.. Lalu gimana cara mengatasinya?

Jadi, Banyak sekali bahan kimia yang diciptakan untuk mengusir serangga satu ini lho.. padahal sebenarnya banyak yang bisa kalian lakukan untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan bahan bahan kimia yang kemungkinan besar juga akan berbahaya untuk tubuh. Nah ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan lho untuk mengusir nyamuk. Apa aja ya? Cekidot yuk!

Jangan menumpuk sampah padat 

 Seperti yang kita tau sampah merupakan salah satu hal yang paling sering kita jumpai dan paling disukai oleh nyamuk untuk bersarang. Terutama sampah padat seperti ember bekas, kaleng, ban ataupun barang padat lainnya apabila tidak langsung dibuang tentu juga akan menjadi sarang nyamuk. Jadi hindari menyimpan barang barang padat yang sudah tidam terpakai ya guys, Jika memang masih diperlukan kalian bisa merapikan barang barang tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk 🙂

Jangan menggantung baju

Nah menggantung baju salah satu hal yang sering sekali dilakukan. Selain barang barang yang ditumpuk, baju yang digantung juga menjadi tempat yang disukai nyamuk untuk bersarang. Jadi guys,, usahakan untuk tidak menggantung baju secara berlebihan apalagi baju yang sudah kotor terkena keringat akan membuat nyamuk betah. Jika mengharuskan untuk digantung, kebaskan dulu baju yang akan dipakai dan biasakan untuk menutup lemari ya.

Bersihkan genangan air

Genangan air merupakan tempat yang sangat disukai nyamuk untuk berkembang biak lho..Cara yang bisa kalian lakukan yaitu selalu membersihkan segala tempat yang sekiranya akan menyebabkan air menggenang sehingga tidak akan ada genangan air sedikitpun untuk sarang nyamuk 

Menambahkan wewangian

Cara ini bisa kalian lakukan jika suka dwngan bau wewangian. Bau wewangian yang bisa mengusir nyamuk yakni wewangian yang berasal dari bunga ataupun buah. Misalnya dengan menaruh bunga lavender di dalam kamar yang diyakini sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Selain menggunakan  bunga lavender kalian juga bisa menggunakan bawang putih, catnip, serai wangi atau geranium.

Membuat angin buatan

Membuat angin buatan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan kipas angin listrik. Dengan adanya angin buatan tersebut akan membuat serangga yang berukuran kecil merasa terganggu.

Memeriksa jendela 

Usahakan untuk menutup jendela dengan rapat setiap hari ya.. agar tidak ada  nyamuk yang bisa msuk ke dalam rumah terutama pada malam hari. Karena, nyamuk sangat aktif dan banyak pada saat itu. 

Memelihara ikan di kolam

Jika kalian pecinta ikan , kalian bisa membuat kolam ikan di sekitar rumah lho..  Dengan adanya kolam ikan di rumah jentik jentik nyamuk yang ada di kolam akan dimakan oleh ikan. Sehingga membuat nyamuk tidak dapat berkembang biak. Tapi, jika kolam yang dimiliki berukuran kecil anda harus rajin utuk mengurasnya setidaknya seminggu sekali agar tidak menjadi sarang nyamuk. 

Mengganti warna lampu teras

Anda bisa menggunakan warna lampu kuning untuk mengusir nyamuk. Kok bisa sih? Iya karena warna lampu kuning diyakini tidak menarik perhatian nyamuk sehingga nyamuk tidak akan masuk ke rumah.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *