Pandemi Covid-19 ini memang berdampak negatif buat semua orang, tapi ada juga sisi positifnya, terutama buat yang pengen tinggal di kota besar. Saat ini adalah saat yang tepat buat negosiasi pembayaran yang lebih rendah atau mungkin mendapatkan kesepakatan untuk apartemen baru pasalnya harga sewa turun di beberapa daerah, hmm lumayan kan.

Dikutip dari CNBC, kota-kota yang perubahannya paling cepat adalah kota yang punya perusahaan teknologi besar yang merumahkan karyawannya alias Work From Home (WFH) secara permanen. Otomatis banyak orang pergi meninggalkan kota besar yang biaya sewanya mahal. Di pinggiran aja kan lebih murah atau pulkam sekalian toh yang penting ada internetnya hehe.

Masa depan yang tidak pasti seputar pandemi dan pemulihan ekonomi sepertinya membuat kota besar dalam waktu dekat ini tidak dapat menaikkan harga sewa. Ini justru jadi momen yang tepat untuk pindah ke kota tersebut. Nah, biar negonya lancar simak nih tips-tips berikut ini:

Dengan mempunyai amunisi yang begitu komplitnya akan dapat membantu kamu dalam menentukan apa yang dapat dinegosiasi. Ini juga dapat membuat kamu mendapatkan banyak opsi.

  •  Bersikap Baik

Tentulah kita harus bersikap baik kepada semua orang apalagi soal nego harga, bersikap baik juga tidak akan merugikan. Mengirim email kepada pemilik properti masih belum cukup, kamu juga harus melihat properti yang menjadi incaran dan bersikap sopan dengan pemiliknya.

Rincian yang jelas dalam email akan menjadi gambaran lengkap tentang penawaran yang diinginkan. Tentu akan memudahkan pemilik untuk mempertimbangkan penawaran kamu.

  • Tips Memulai Percakapan

Dalam bernegosiasi tentu memulai percakapan adalah bagian yang terpenting. Pertanyaan soal harga sewa yang lebih rendah dapat dilontarkan tanpa adanya rasa takut.

Para pemilik yang tidak mengetahui harga pasaran pasti akan semakin mudah dinegosiasi ditambah lagi pandemi covid-19 ini membuat pemilik kemungkinan akan mengkhawatirkan tentang properti yang mereka miliki.

Hal ini bikin kamu punya pengaruh yang sangat signifikan dalam penentuan harga saat ini.

  • Negosiasi Fasilitas yang Diberikan

Biasanya ada pemilik yang kekeuh ga mau ngalah kalo soal harga. Jangan panik, ada cara lain, barangkali ada fasilitas-fasilitas yang bisa dinego. Misal seperti parkir, keanggotaan gym, dan lain-lain kan bisa dihilangkan biar harganya bisa cocok. Tapi pastikan fasilitas yang dihilangkan bukan sesuatu yang diprioritaskan.

  • Mengetahui Keseluruhan

Biar dapat tempat di kota besar, kamu harus paham beberapa hal, mulai dari  soal lingkungan yang bakal jadi tempat tinggal kamu, pasar dari tempat tinggal yang kamu mau, dan sebelum menawar harga pun kamu harus paham dulu tentang spesifikasi unit..

  • Tidak Menunggu Sampai Masa Sewa Habis

Kalau memang sudah tinggal di kota dan ga mau pindah bagaimana ? tetep bisa dapat harga yang lebih rendah tapi tinggal nunggu timing yang tepat buat negosiasi, biasanya waktu yang tepat adalah pas sudah mendekati masa sewa berakhir.

Tapi tetep kamu harus paham pasar dan harga apartemen di lingkungan kamu. Hal ini jadi data valid buat proses negosiasi untuk bulan-bulan berikutnya, atau jika ingin pindah ke apartemen di lingkungan yang sama.

Disadur dari detik.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *