Untuk sebagian dari kita, cara yang paling aman dalam menghadapi virus corona adalah dengan tetap di rumah. Tetapi ingat, tetap ada kemungkinan virus corona dapat mengkontasi rumah kita jadi sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan fisik serta kondisi rumah.

Lembaga penanganan dan pencegahan penyakit merekomendasikan supaya kita melakukan desinfeksi mandiri di rumah demi mengurangi resiko terpapar virus corona. Desinfeksi bisa dilakukan di beberapa spot seperti pegangan toilet, keran atau handle pintu.

Tapi ternyata, masih banyak yang belum melakukan desinfeksi dengan benar. Sebelum disemprot dengan cairan desinfektan, permukaan benda harus dibersihkan dulu. Baru setelah itu disemprot, diamkan beberapa menit setelah itu dilap atau dikeringkan. Pastikan kita mengikuti langkah-langkah yang benar supaya kuman, bakteri atau virus bisa tereliminasi secara optimal.

Tapi kita juga jangan terburu-buru dan jangan panik sampai-sampai membeli alat kebersihan secara besar-besaran, santai aja keles. Usahakan setiap alat kebersihan digunakan dengan tepat sesuai petunjuk pada labelnya. Nah, berikut ini adalah sejumlah tips biar rumah bebas dari Corona.

  • Peralatan Standar Kebersihan

Gunakan peralatan kebersihan standar yang telah mendapat sertifikasi dari pemerintah untuk mencegah kontaminasi kuman, bakteri dan virus. Gunakan kain lap bersih dan cairan pembersih pada bagian permukaan meja, kaca, atau kursi. Oh ya, cairan pembersih yang dimaksud ini cairan desinfektan lho ya, bukan sembarang cairan.

  • Mencuci Tangan Dengan Sabun

Banyak pihak menganjurkan untuk cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik, baik dari pihak pemerintah ataupun swasta. Kita juga bisa pakai hand sanitizer sebagai tambahan, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 60%.

  • Desinfektan Buatan Pribadi

Ini mah gampang, tinggal air biasa dicampur dengan cairan klorin, jadi deh. Setelah itu tinggal disemprotkan ke spot-spot tertentu seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas.

  • Pakaian Dan Celana

Pakailah deterjen atau peroksida yang memiliki sifat basa untuk membersihkan pakaian atau celana sehabis pakai. Diketahui sifat basa sangat manjur sekali untuk membunuh bakteri, kuman, sampai virus. Oleh karena itu, pastikan kita telah memilih produk kebersihan yang tepat.

  • Kantin Belanjaan Atau Pakaian Dari Luar

Usahakan untuk tetap melakukan desinfektasi terhadap barang-barang yang dibawa masuk ke rumah. Kan kita tidak tahu kalau ada kuman, bakteri atau bahkan virus corona yang nemplok di barang-barang yang kita bawa. Kalau barang yang kita bawa adalah makanan cuci saja menggunakan air bersih.

  • Ventilasi Dan Filter Udara

Banyak sekali cara untuj penyakit dapat menyebar dan salah satunya adalah dari udara yang kita hirup. Apalagi bila kita pakai mesin pendingin ruangan atau AC yang jarang kita bersihkan. Tentu potensi datangnya penyakit menjadi lebih tinggi.

Di sisi lain, kita bisa memakai filter ruangan yang menggunakan cahaya ultraviolet yang lebih efektif ketika membunuh patogen pembawa penyakit. Beberapa AC juga sudah dilengkapi alat penyaring sekaligus penangkapan partikel kotoran atau debu.

Fungsinya juga telah ditingkatkan karena hanya membunuh bakteri, kuman, atau virus yang dapat menyerang manusia.

  • Kompartemen Pencuci Piring

Jika punya mesin pencuci piring otomatis, utamakan untuk menggunakan mesin yang sudah ada sertifikasinya. Biasanya suhu dalam mesin harus sampai 150 derajat celcius. Suhu setinggi ini akan membunuh bakteri, kuman dan bahkan virus dalam proses pencucian piring secara otomatis.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *