Mendesain ulang tampilan rumah adalah salah satu cara supaya rumah jadi terlihat lebih menarik. Hal ini juga berpengaruh bagi psikologi dan perasaan penghuni rumah. Apalagi pas lagi musim pandemi covid-19 ini yang dipaksa harus ada di rumah terus

Jika Kamu bosan dengan tampilan rumah yang gitu-gitu aja ga ada perubahan, baca nih ada lima cara sederhana untuk merubah tampilan rumahmu jadi lebih menarik:

  1. Ganti warna cat rumah

Cara paling gampang, paling sederhana, dan tidak memakan duit banyak untuk membuat nuansa yang berbeda dari sebelumnya adalah dengan mengganti warna cat rumah atau bagian ruangan di rumah.

Sebenarnya ada dua opsi yang bisa dilakukan, pertama, mengecat ulang rumah, dengan maksud agar menyegarkan kembali warna cat dinding rumah. Kedua, menghilangkan noda-noda yang banyak menempel karena aktivitas harian.

Kamu juga bebas menentukan warna cat. Jika bingung, Kamu bisa lihat banyak referensi warna cat di banyak media baik itu majalah, media sosial dan platform digital lainnya.

Namun sebelumnya, Kamu juga perlu untuk membaca kesan apa yang muncul dari setiap warna cat tersebut.

  1. Tambah variasi warna lampu rumah

Elemen yang kerap kali dilupakan adalah cara kita menggunakan cahaya untuk memberikan nuansa ruang yang ramah dan nyaman. Karenanya untuk mengubah ruangan, Kamu dapat menyertakan beberapa lampu meja dan lantai dengan warna bervariasi.

Misalnya untuk menambah kesan retro atau vintage, atau hanya sekedar menciptakan kesan hangat. Kamu dapat menambahkan lampu dengan warna kuning. Selain itu, Kamu juga bisa memasang lampu LED yang dapat mengubah warna dan mengatur terang cahaya sesuai dengan keinginan.

  1. Kumpulkan barang dan buang yang tak diperlukan

Semakin banyak barang dan perabotan di rumah kan malah bikin Kamu jadi merasa tidak nyaman. Karena itulah cara paling tepat untuk merubah tampilan rumah adalah dengan menyimpan barang-barang di rumah secara teratur dan membuang barang-barang yang tidak diperlukan.

Untuk memulainya, barang-barang di rumah dapat Kamu kumpulkan pada satu tempat, kemudian seleksi atau pilah pilih barang sesuai dengan jenisnya. Selanjutnya kelompokkan barang-barang tersebut dan simpan secara rapi di satu tempat.

Setelah itu, Kamu dapat melihat seperti apa perubahan tampilan rumah dan bandingkan dengan sebelumnya.

  1. Tambah perabotan rumah dan aksesori

Kamu juga dapat menambah perabotan rumah seperti vas bunga, lukisan, bantal, selimut, karpet, jam dinding dan lain-lain ke dalam rumah. Dengan perabotan tersebut rumah tidak akan tampak kosong dan monoton tetapi lebih berwarna dan bervariasi.

Bahkan Kamu juga bisa mencetak foto bersama orang-orang kesayangan seperti keluarga dan teman kemudian membingkainya untuk dipasang pada dinding rumah.

Selain itu Kamu juga bisa menempelkan lukisan yang Kamu sukai, atau mungkin mengganti barang-barang yang sudah usang seperti sarung bantal atau seprai kasur dengan yang baru. Barang-barang perabotan tersebut juga bisa secara mudah ditemukan di toko ritel ataupun di toko online.

  1. Memasang mulsa di tanaman rumah

Mulsa merupakan material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menekan pertumbuhan gulma dan penyakit serta menjaga kelembaban tanah sehingga dapat membuat tanaman tumbuh dengan baik.

Mulsa dapat bersifat permanen seperti mulsa plastik atau dari serpihan kayu. Kamu bisa memasang lapisan mulsa pada setiap tanaman pot atau tumbuhan. Tujuannya, supaya tanaman pot tetap terlihat rapi dan cantik. Apalagi tanaman itu diletakkan di dalam ruangan seperti kamar dan dapur.

Kegunaan Mulsa sangat penting agar tanaman tidak berantakan. Selain itu mulsa juga berfungsi supaya tumbuhan Anda terbebas dari hama sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Disadur dari kompas.com

Categories: Perawatan Rumah

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *