Pandemi Covid-19 yang telah melanda tanah air tercinta kita sejak awal tahun 2020 ini telah mengubah banyak hal, baik itu bisnis, perekonomian juga timbul kenormalan baru demi memutus rantai penyeberan virus corona. Penerapan desain bangunan pun tidak terkecuali, demi menjamin keamanan maupun kesehatan penghuni rumah.

Maka dari itu, menurut Iwan Sunito seorang Komisaris dan CEO Crown Group, terkait standar desain bangunan yang bisa mendorong kesejahteraan fisik dan mental lebih baik pasca pandemi Covid-19 pengembangan produk harus ditata kembali dan ini harus dilakukan oleh pemerintah maupun pengembang.

Fyi, Iwan yang berasal dari Indonesia mendirikan Crown Group yang berupa pengembang yang berbasis di Australia. Iwan juga menyebut, pandemi ini memaksa banyak orang untuk stay at home lebih lama sehingga saat ini menciptakan desain interior yang baik menjadi salah satu kebutuhan yang mendesak.

“Pandemi ini membuat orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumahnya untuk bekerja, menyekolahkan anak dari rumah, hingga berolahraga maupun berekreasi dari dalam rumah. Ini harus bisa diciptakan ruang tinggal yang dirancang baik untuk ruang hidup dan kerja, akses ke taman dan udara segar, dan berbagai kebutuhan lain untuk menyesuaikan dengan gaya hidup baru ini,” ungkapnya.

Menurut survei dari Global Wellness Institute, untuk menciptakan sebuah pemukiman yang sehat sehingga para penghuni dapat betul-betul merasakan suasana maupun perbedaannya diperlukan dana yang tidak sedikit, mencapai Rp1,34 triliun atau sekitar 1,5 persen dari biaya konstruksi global, wow.

Pandemi telah memaksa kita untuk berpikir ulang tentang desain rumah dan apartemen sehingga penghuni bisa merasa aman tetapi tetap bisa terhubung secara sosial ketika berada di rumah. Hal ini demi menjamin kesehatan fisik dan mental yang lebih baik bagi masyarakat global saat situasi pandemi ini sehingga situasi yang harus dibentuk adalah gaya hidup berkelanjutan, bukan lagi tentang bangunan yang berkelanjutan.

Iwan juga menyebut, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah membawa alam berupa tanaman hijau, udara segar, air dan cahaya ke dalam bangunan. Hal ini juga berdasar pada berbagai penelitian dan sudah terbukti bahwasanya unsur alam dapat meningkatkan mood atau suasana hati bahkan hingga kecerdasan kita.

Bahkan Unversity of Minnesota, salah satu universitas terbesar dunia mempelajari pengaruh alam terhadap ketenangan pikiran masyarakat di departemen biofisiknya secara khusus

“Penelitian mereka telah membuktikan kalau alam bisa membuat orang merasa lebih selaras dengan diri mereka sendiri dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan, memulihkan, hingga menghubungkan individu. Itu pula beberapa hal yang saat ini kami terapkan pada desain proyek Crown Group untuk menyediakan lingkungan yang santai dan sehat bagi penghuninya dan ini merupakan pendekatan yang akan sesuai dengan kebutuhan dunia pasca pandemi,” terangnya.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *