Di beberapa daerah di Indonesia terik sinar matahari akan terasa menyengat meskipun dalam musim hujan sekalipun, apalagi pas lagi musim kemarau, waduh nyoss. Hal ini lah yang membuat mayoritas masyarakat berpikir untuk menggunakan pendingin ruangan di dalam rumah, pakai AC misalnya.

Padahal kan, pemakaian AC yang berlebihan tidak baik untuk lingkungan ditambah tagihan listrik bisa jadi bengkak. Opsi yang baik dan tepat biar rumah jadi lebih adem adalah dengan menghalangi sinar matahari langsung ke rumah. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan tanaman rambat.

Keberadaan tanaman rambat akan seperti dinding hijau yang menghalangi sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Ini adalah opsi terbaik buat kita-kita yang tidak punya ruang cukup buat menanam pohon.

Seperti kebanyakan tanaman lain, tanaman ini dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia sehingga dapat membuat udara dalam rumah jadi lebih sejuk, lebih nyess.

Ramah Lingkungan Dan Mengurangi Tagihan Listrik

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pakai AC terlalu lama bakalan bikin tagihan listrik jadi membengkak, belum lagi soal kerusakan lingkungan, endingnya malah memperburuk keadaankan.

Nah, dengan tanaman rambat ini jadi solusi yang lebih eco friendly. Bisa bikin ruangan jadi lebih adem tapi ga bikin tagihan listrik melonjak dan ga ada kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Mempercantik Rumah

Ga cuman bikin sejuk, tapi tanaman rambat juga punya nilai estetika yang tinggi lho. Rumah akan tampak lebih cantik jika Kamu menggunakan tanaman rambat pada bagian dinding luar. Tanaman rambat yang bisa dipilihpun bermacam-macam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Beberapa tanaman rambat seperti misalnya anggur dan kacang-kacangan akan sangat cantik saat berbunga dan berbuah. Kedua tanaman tersebut juga bisa Kamu manfaatkan buahnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Persiapan Tanam

Sama seperti tanaman lainnya, tanaman rambat juga membutuhkan persiapan sebelum ditanam. Hal ini supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan optimal dalam menciptakan kesejukan dalam rumah.

Pertama Kamu harus memilih tanaman rambat jenis apa yang akan digunakan. Ada buaanyak sekali jenis tanaman rambat, Kamu bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan tempat untuk ditanam.

Selanjutnya Kamu siapkan penyangga tempat tanaman untuk tumbuh. Contohnya anggur butuh penyangga biar bisa tumbuh dengan baik. Kamu juga bisa mengatur sedemikian rupa agar tanaman bisa tumbuh sebagai kanopi atau dinding. Tentu keduanya memiliki keunggulan yang sama dalam menciptakan hawa adem di dalam rumah.

Memilih Tanaman Yang Sesuai

Cobalah untuk melakukan eksperimen jika masih mengalami kesulitan dalam memilih tanaman rambat. Sebelumnya Kamu harus memutuskan dulu apakah tanaman rambat digunakan sebagai kanopi atau dinding rumah.

Selanjutnya lihat bagaimana perkembangan dari tanaman tersebut, apakah cukup lebat dan cepat atau malah sebaliknya. Setelah itu Kamu harus merasakan juga apakah dengan kehadiran tanaman rambat yang Kamu pilih rumah benar-benar terasa lebih sejuk atau tidak.

Setelah mengetahui hasilnya dan ternyata Kamu kurang puas, Kamu bisa ganti jenis tanaman rambatnya semusim kemudian. Banyak tanaman rambat tahunan, seperti bunga bulan dan mandevilla, adalah tanaman tropis yang tumbuh dengan cepat dengan bunga berwarna cerah yang dapat menahan kerasnya musim panas di selatan.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *