Sepertinya semua orang sudah sepakat bahwasanya cat memiliki kontribusi yang besar dalam urusan tampilan rumah. Saat inipun banyak sekali varian warna cat yang bisa dipilih sesuai selera.

Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih produk cat rumah. Apalagi jika ini adalah kesempatan perdana Kamu membangun rumah.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih cat rumah yang ramah lingkungan agar aman dan tidak membahayakan kesehatan penghuninya. Cek Skuy !!!

Cat yang tanpa mengandung bahan kimia berbahaya

senivpetro

Beberapa jenis cat ternyata mengandung bahan yang berbahaya seperti timbal dan merkuri. Kedua senyawa ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sehingga ketika memikirkan produk cat rumah yang bagus untuk tempat tinggal, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan cat yang tidak mengandung zat kimia.

Sebagian perusahaan cat telah menciptakan produknya dari sumber daya alam dan tanpa bahan kimia berbahaya, beracun ataupun aditif.

Jadi, pilihlah merk produk cat berteknologi inovatif dan menghasilkan cat yang memurnikan udara di dalam rumah.

Cat rumah dengan formula berbasis susu

Jenis cat ini memiliki keistimewaan yaitu menggunakan susu dan ochre sebagai bahan dasarnya.

Ochre itu adalah merupakan pigmen alami bumi yang memiliki kandungan besi oksida terhidrasi serta memiliki kisaran warna dari kuning ke oranye atau cokelat.

Beberapa perusahaan telah menawarkan produk cat rumah dengan formula berbasis susu yang lebih sehat, bukan lateks berbasis air atau cat berbasis minyak. Tapi walaupun dari susu tetep jangan diminum lho ya, hehe.

Cat berbahan dasar air yang lebih cepat kering

Keuntungan yang didapat dari penggunaan cat berbasis air yakni sangat cepat kering dibanding cat berbahan dasar pelarut.

Cat ini memiliki material yang menggunakan kandungan tiner lebih sedikit ketimbang cat konvensional. Sedangkan material pelarut dalam cat berbasis air itu adalah air yang telah dimurnikan sebanyak 70%. Tentunya dengan ini jadi lebih ramah lingkungan.Freepik/senivpetro

Produk cat yang bertifikasi zero VOC (Volatile Organic Compound)

Pilihlah produk paint dan coating yang eco friendly serta memiliki sertifikasi zero VOC (Volatile Organic Compound). Baik itu cat dinding, cat kayu dan cat besi.

Bau berbahaya yang bersumber dari senyawa organik produk cat, hal tersebut dapat dengan mudah menguap di udara dan terus dipancarkan selama berbulan-bulan. Bayangin aja kalau Kamu mengecat seluruh ruangan dalam rumah, waduh ga kebayangkan.

Jadi begitulah tips memilih cat untuk rumah yang ramah lingkungan dari kami. Semoga bermanfaat, ciao.

Disadur dari popmama.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *