Beli ruko dijual murah, siapa sih yang ga mau ? Semuanya pasti pada kepengin kan. Tapi ingat, tidak selamanya membeli properti soal harga, ada hal-hal lainnya yang harus diperhatikan ketika beli ruko.

Untuk sebagian orang ruko adalah salah satu jenis properti komersial yang menjanjikan prospek investasi menggiurkan. Ya jelas aja, lha wong tiap tahun harga jual ruko naik terus.

Ini menjadi bukti bahwa ruko sudah mulai dikenal dan dicari oleh masyarakat. Saat ini pun sudah banyak sekali ruko yang dijual di daerah pinggiran kota dengan harga lebih murah, ga cuma eksklusif hanya ada di kota-kota besar aja.

Meskipun demikian, ingat jangan langsung terlena dengan tawaran harga murah. Ini adalah kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yang baru pertama kali beli ruko atau properti lainnya.

Lha terus, pas mau beli ruko dijual murah apa saja yang harus diperhatikan ? Nah, maka dari itu artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda, jadi monggo dibaca sob.

Kesalahan Pemula Ketika Beli Ruko Dijual Murah

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui ruko memiliki nilai investasi tinggi dan tentunya tidak kalah dengan properti lainnya.

harga jual ruko di kota-kota besar bisa sampai 10-20 persen per tahun, lho. Sedang harga jual ruko di pinggiran kota tergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Ok, sekarang kesalahan-kesalahannya, ga banyak kok cuma 10 aja.

  • Membeli pada Pengembang Abal-Abal

Kesalahan pertama yang berulang kali dilakukan oleh pembeli properti pemula adalah membeli ruko dari pengembang abal-abal. Track record dari pengembangnya itu ga jelas.

Kok bisa orang-orang pada terjebak pengembang bodong?

Karena harganya murah, biasanya pengembang macam ini menawarkan harga ruko jauh di bawah harga pasaran yang ada.

Sehingga, masyarakat jadi ‘gelap mata’ dan tanpa pikir panjang langsung membeli ruko tersebut. Yakali siapa sih yang ga mau barang murah bro.

Kamu wajib mengerti dan menghindari hal ini karena perilaku tersebut sangat membahayakan dan bisa menyebabkan kerugian besar.

  • Diskon dan Promo-Promo Semu

Sebelumnya perlu diingatkan, ga semua diskon atau promo itu bohongan lho ya. Kalau pengembangnya terpercaya pasti diskon atau promo-promonya sudah pasti beneran.

Beda lagi kalau pengembangnya adalah pengembang bodong, yang diskon dan promo sebagai senjata untuk menyiasati pelanggan.

Kamu bisa cari tahu kok legalitas perusahaannya lewat asosiasi Real Estate Indonesia (REI) yang membawahi developer-developer resmi Tanah Air, supaya Kamu bisa terhindar dari bahaya penipuan

  • Beli Ruko Sebelum Memulai Usaha

Bukannya ga boleh, Kamu beli ruko dulu kemudian memulai usaha itu sah-sah aja. Tapi, risikonya memang cukup tinggi. Pasalnya, ruko tersebut bisa jadi terbengkalai apabila bisnis yang dijalankan ternyata ga berhasil.

Syukur-syukur cicilannya lunas, kalau enggak ? Kan malah jadi nambah utang. Oleh sebab itu, maka ada baiknya jika usahanya jalan dulu baru beli ruko.

Lain lagi kalau kamu membeli ruko tersebut memang karena tujuannya untuk berinvestasi atau disewakan.

  • Tidak Bisa Memprediksi Prospek Ruko

Harga tanah di pusat kota yang sudah tinggi dan jauh lebih mahal mengakibatkan ruko dijual murah lebih mudah ditemukan di pinggiran kota ketimbang di dekat pusat kota, seperti yang telah disebutkan di atas.

Walaupun begitu, jangan kemudian mencari ruko sampai ke pinggiran kota, sampai ke penjuru kota tetapi awam dalam mencermati prospek wilayah tersebut.

Perhatikan apakah area tersebut kedepannya berpotensi untuk berkembang atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya cari tempat lain.

  • Lokasi Minim Akses dan Fasilitas Umum

Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui sebuah wilayah memiliki prospek menjanjikan ? Jawabnya ada diujung langit, gak deng hehe.

Jawabannya adalah, perhatikan rencana pembangunan kawasan di wilayah tersebut.

Prospek investasi properti di wilayah tersebut akan semakin berkembang setiap tahunnya apabila terdapat banyak infrastruktur dan fasilitas umum yang akan dibangun di daerah tersebut.

Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya walaupun tersedia ruko dijual murah di sana. Apakah fasilitas publiknya memadai? Apakah aksesnya mudah? Jika tidak, pilihlah lokasi yang lebih strategis.

  • Ga Paham Legalitas Bangunan

Sudah dapat ruko dijual murah, tapi kok harganya jauh di bawah pasaran? Hmm, mencurigakan..!!

Coba cek dokumentasi dan surat-menyurat pendukung legalitas ruko tersebut. Pastikan ruko yang ingin Kamu beli memiliki dokumen legalitas yang sah dan sudah disetujui oleh badan pertanahan setempat.

Kamu patut curiga jika penjual/developer tidak dapat menunjukkan dokumen/ surat-surat legalitas tersebut.

  • Enggan Menggunakan Jasa Agen Properti

Menggunakan agen properti dapat merugikan. Buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Itu justru pemikiran yang merugikan.

Jasa agen properti sangat dibutuhkan jika Kamu adalah pemain baru dalam dunia properti.

Memang, jika menggunakan jasa agen properti pasti ada tambahan biayanya tetapi tentunya sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Peluang untuk mendapatkan ruko dijual murah tentunya menjadi lebih besar dengan pengetahuan yang dimiliki oleh agen properti. Ditambah lagi, urusan jual-beli jadi lebih mudah soalnya akan diurus oleh agen properti tersebut.

  • Awam dengan Skema Kredit Kepemilikan Ruko

Ada baiknya kamu belajar soal skema kredit sebelum mengajukan pembeli ruko dengan skema kredit. Misalnya pemahaman mengenai besaran bunga, tenor, persyaratan dan lain-lain.

Pilihlah kredit ruko yang cicilannya sesuai dengan kemampuanmu. Tentukan pula jangka waktu cicilan yang tepat supaya kamu tidak kesulitan dalam melunasinya.

Terakhir, pilih suku bunga terendah supaya biaya cicilan lebih murah.

  • Tidak Memeriksa Detail Bangunan

Perlu diingat, ruko tidak cuma harus prospektif, tapi juga harus nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Dan salah satu kesalahan yang kerapkali dilakukan oleh pembeli ruko pemula adalah malas mengecek/memeriksa seluruh detail bangunan tersebut

Memeriksa detail-detail kecil seperti atap, struktur bangunan, saluran air, hingga saluran listrik ruko tersebut sangatlah penting. Apalagi jika Kamu memang bakalan menetap di ruko tersebut.

Jika ternyata ada yang tidak berfungsi dengan semestinya, enggak salah kok kalau Kamu minta diperbaiki dulu sebelum membelinya.

Atau malah bisa Kamu menawar lagi harga ruko tersebut jadi lebih murah kan kondisinya tidak lagi sempurna.

  • Tidak Mencari Tahu Harga Pasaran Ruko

Terakhir, kebiasaan yang kerap dilakukan para pemula ketika membeli ruko dijual murah atau membeli jenis properti lainnya adalah tidak mencari tahu harga pasaran ruko.

Padahal, mengetahui range harga pasaran di suatu daerah sangat penting supaya pembeli tidak merasa dirugikan dan tertipu ketika melakukan transaksi.

Umumnya, selain survey harga masih ada sejumlah hal yang bisa ditempuh untuk mengetahui pasaran harga sebuah properti.

Cara Menghitung Harga Jual Ruko

  • Perhatikan Spesifikasi Bangunan Ruko

Kamu dapat mengetahui berapa harga jual ruko tersebut di pasaran dengan melihat spesifikasinya. Misal, tipe ruko 3 lantai tentu dijual lebih mahal daripada tipe ruko 2 lantai standar.

Perhatikan juga luas tanah, luas bangunan serta material dari bangunan ruko tersebut. Ketiga aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap harga jual ruko.

  • Lihat melalui NJOP Ruko

Dalam menetapkan harga ruko biasanya NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak juga menjadi patokan. Kamu dapat menemukan nilai NJOP pada lembar tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Meski demikian, biasanya nilai yang tertera pada NJOP adalah harga jual minimal dari ruko tersebut. Orang-orang pun biasanya menjual ruko lebih tinggi hingga 2-3 kali lipat dari nilai NJOP-nya.

  • Kunjungi Kantor Pertanahan Setempat

Tidak cuma soal ngurus administrasi, Kamu juga bisa kok mengunjungi kantor pertanahan atau BPN untuk memperoleh informasi terkait harga jual ruko dan jenis properti lainnya.

Pelayanan ini pun gratis dan tidak membutuhkan syarat apapun.

Kamu tinggal datang ke kantor pertanahan setempat, kemudian kunjungi loket pelayanan masyarakat yang terdapat di kantor tersebut.

  • Bandingkan Lewat Situs Jual Beli Properti

Sekarang adalah era teknologi dan informasi. Kamu bisa membeli, menjual dan mengetahui harga kisaran ruko lewat smartphone Kamu lho.

Caranya dengan mengakses situs jual beli properti seperti griya.id ini. Kamu tinggal klik menu ‘Ruko Dijual’ di bagian footer (bawah) maka akan tampil halaman listing ruko. Dari situ Kamu bisa membandingkan harga kisaran harga ruko di pasaran.

Itu tadi adalah beberapa kesalahan dalam membeli ruko dijual murah. Dan juga bonus cara menghitung harga jual ruko yang perlu kamu ketahui, Joss kan.

Semoga sedikit ulasan di atas bermanfaat.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *