Punya rumah tapi ukurannya terbatas kurang dari 100 m2 bukan berarti kreativitas Kamu dalam mendesainnya juga ikutan terbatas. Kamu tetep bisa kok mendesainnya dengan leluasa, dengan konsep desain sederhana rumah yang ukurannya ga begitu luas akan lebih gampang ditata.

Nah, kebetulan nih buat Kamu-kamu yang lagi nyari referensi desain buat rumah ukuran terbatas boleh banget lho nerusin baca artikel ini.

Sebagai inspirasi, Kamu bisa contoh gaya arsitektur rumah yang dibuat oleh arsitek asal London, Inggris, Sandy Rendel Architetcs. Melansir akun Twitter @rizkidwika yang lagi viral, Sandy Rendel Architects mendesain rumah dengan luas 64,4 meter persegi.

Rumah ini posisinya nyempil di sebuah gang kecil di kawasan Peckham, London Selatan, Inggris, dengan lebar kavling kurang lebih 2,8 meter. Walaupun ukurannya bisa dibilang mini, tapi masih ada sisa ruang untuk dibangun taman di sisi depan dan belakang.

Rumah itu didirikan ke atas dan terdiri dari dua lantai karena geografis lahannya yang memanjang dan sempit. Keuntungannya, rumah dua lantai dapat mengakomodasi kehidupan pribadi sekaligus bekerja di rumah, mampu menyerap banyak cahaya serta memaksimalkan banyak ruang.

Masuk ke bagian interior, pada ruang tamu Kamu akan disuguhi dengan tampilan earth tone ( warna bumi) yang didominasi coklat. Arsitek tidak membuat terlalu banyak partisi untuk ruangan yang tidak terlalu membutuhkan sekat karena seperti yang sudah disebutkan tadi, diameter rumah ini kurang dari 100 meter. Jadi ngapain juga dibanyakin sekat.

Lanjut di dapur, di dapur Kamu akan mendapati dinding bata merah, lemari dapur warna abu-abu, dan furnitur yang masih kental dengan nuansa coklat.

Next we go up to the second floor, tentu kalau mau ke lantai 2 kan butuh tangga. Nah, arsitek mendesain tangga dengan rangka dari pelat baja sehingga walaupun ukurannya tipis tangganya tetap kuat.

Sesampainya di lantai 2, ruang pertama yang Kamu dapati di sisi depan adalah tempat kerja. Pas di siang hari area ini akan menjadi terang benderang. Ga cuma itu, di area kerja ini juga dibuat void untuk memudahkan komunikasi langsung ke ruang tamu yang berada di bawahnya yaitu di lantai 1.

Walaupun ukurannya terbilang mini, di lantai 2 rumah ini juga ternyata ada ruang santai seperti ruang tamu yang dilengkapi sofa dan lampu di pojok ruangan untuk membaca buku, buat sekedar santai-santai atau istirahat. Kompas.com mencoba mengontak Rizki selaku pembuat utas dari rumah itu, Jumat (8/1/2021).

Dia menyebutkan, estimasi budget yang digelontorkan untuk membangun rumah berukuran mini tersebut sebesar 224.000 poundsterling atau setara dengan Rp 4,2 miliar. Wadaw, mini tapi elit gaess.

“Rumahnya kecil, tapi finishing-nya (penyelesaiannya) premium (emoji senyum),” ucap Rizki. Masa konstruksi rumah seluas 64,4 meter persegi ini dibangun dari 2015 hingga 2019 atau selama empat tahun.

Meski demikian, Rizki tidak tahu pasti berapa tukang yang dibutuhkan untuk penyelesaian konstruksi rumah tersebut. Namun, diketahui dari situs AJ Buildings Library, terdapat lima pihak yang terlibat dalam konstruksi rumah yang diberi nama “Slot House” ini.

Sebut saja, kontraktor utama proyek rumah ini yakni Michael Tye, klien rumah ini adalah Sally dan Sandy Rendel, pengawas perencanaan sekaligus arsitek Sandy Rendel Architects serta insinyur struktur bangunannya yaitu Structure Workshop

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *