Terkadang meskipun Kamu rajin membersihkan rumah biar terbebas dari kuman dan hama, tetap aja komplotan tikus berani bersarang di rumah. Lingkungan sekitar hunian yang kotor bisa jadi penyebabnya, Apalagi jika Kamu tinggal di daerah pemukiman yang padat. Dan yang ga kalah menjengkelkan adalah jika tikusnya mati dan jadi bangkai di rumah, euwh.

Karena memang bau bangkai tikus mudah menyebar dan mengendap di dalam hunian. Lakukan cara ini ketika Kamu mencium aroma bau bangkai di rumah!

Deteksi keberadaan bangkai

  • Yang pertama kali harus Kamu lakukan adalah memastikan lokasi bangkai. Caranya tentu dengan mencium aromanya dan mencari aroma yang paling menyengat di sekitar rumah.
  • Periksa setiap sudut rumah dan belakang perabotan di sekitar lokasi aroma tersebut. Jika sudah ketemu, gunakan sarung tangn untuk mengangkat bangkai, masukkan ke dalam plastik dan ikat kuat, lalu buang beserta sarung tangannya.
  • Perhatikan arah terbang lalat, atau suara sayap lalat di sekitar hunian. Biasanya lalat tak akan berada jauh dari lokasi bangkai. Perhatikan pula belatung, karena belatung akan berjalan menjauhi bangkai.
  • Apabila baunya berasal dari plafon, cari noda di plafon. Bangkai tikus akan mengeluarkan cairan yang terserap ke plafon.

Menetralisir bau bangkai

  • Bangkai tikus bisa dimasukkan ke dalam plastik lalu dibuang. Tetapi, mengubur dalam-dalam bangkai tikus ke dalam tanah tentu lebih aman karena tidak akan mengundang lalat berdatangan.
  • Siram tempat bangkai dengan karbol untuk menghilangkan baunya sekaligus membasmi belatung. Diamkan selama 15 menit.
  • Sikat lantai, bilas dengan air dan keringkan dengan lap. Setelah itu, rendam sikat dengan campuran air dan karbol, sedangkan lap dibuang saja, itu lebih baik.
  • Jika bau tidak sedap masih tercium, sebaiknya lakukan lagi dengan menyikat dan menyiram lantai dengan karbol. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan agar kulit terlindung dari karbol. Lap dan sarung tangan dibuang saja jika sudah digunakan.
  • Pel kembali lantai dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Kamu juga bisa memanfaatkan karbol wangi yang sudah dicampur air, atau gunakan air yang dicampur deterjen atau cuka untuk menyerap bau yang tersisa.
  • Jika lokasi bangkai berada di atas plafon, semprotkan karbol ke area plafon untuk menetralisir bau.

Bila bangkai tak ditemukan

Jika bangkai tikus tidak ketemu tapi baunya kok masih tercium, segeralah bersihkan rumah dengan menggunakan desinfektan. Bangkai tikus jelas mengundang penyakit, tetapi tetap dapat terurai dengan sendirinya.

Untuk menghindari kuman di sekitar rumah, sapu dan pel lantai dengan karbol hingga tak ada lagi bau bangkai tikus.

Disadur dari rumah.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *