Jaman sekarang buanyaakk sekali orang yang mulai memakai tanaman buat mempercantik dekorasi interior hunian mereka. Tanaman yang notabene-nya ada di kebon sekarang udah pindah ke dalam rumah, gara-gara WFH kali yak hehe.

Selain berfungsi sebagai instrumen dekorasi guna meningkatkan nilai estetika sebuah ruangan, tanaman juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena dapat membuat kualitas udara jadi lebih baik sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Nah, Berikut ini adalah beberapa tanaman yang jos gandos pas mantab (dibaca: cocok) buat ditempatkan di interior rumah, berdasarkan masing-masing ruang tentunya:

Ruang kerja

Nah, ini penting apalagi lagi musimnya work from home (WFH). Terdapat fakta yang menunjukkan bahwa keberadaan tanaman hijau di dalam ruangan dapat mengurangi kecemasan, meskipun belum ada tanaman yang terbukti sanggup meningkatkan produktivitas.

Tentu saja ini membuat tanaman dapat menjadi pilihan yang baik untuk dekorasi ruang kerja di rumah atau kantor.

O’Reilly seorang Jurnalis dan Penulis buku “A Home With Plants” menyarankan, tanaman yang cocok untuk diletakkan di meja kerja harus memiliki ukuran kecil, seperti sukulen dan kaktus.

Namun, Kamu dapat menggunakan terarium sebagai pemanis jika Kamu ingin menempatkan tanaman di ruang kerja yang lebih luas.

Dapur

Banyak orang yang mulai mendekorasi dapur seperti halnya mendekorasi ruang lainnya. Udah bukan lagi tempat buat masak tok. Untuk ruangan ini, Kamu bisa pakai jenis tanaman sansevieria, lidah buaya, maupun palem.

Kamar tidur

Kamar tidur harus memiliki dekorasi yang menenangkan serta menjadi ruang nyaman dengan penggunaan teknologi yang dibatasi. Kamu bisa meletakkan satu atau dua tanaman di dalam kamar tidur supaya membantumu menenangkan diri.

Namun, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa tanaman akan melepaskan gas karbon dioksida pada malam hari. Tapi tenang saja sodari-sodariku, menurut Founder Scandiscapes Merje Shaw, ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

“Sebenarnya, jumlah produksi karbon dioksida yang diproduksi tanaman pada malam hari sangat sedikit,” ungkap Merje dikutip dari The Independent, Sabtu (30/1/2021).

Merje menambahkan, tanaman yang ideal untuk kamar tidur adalah tanaman yang melepaskan oksigen di malam hari, seperti sansevieria, lidah buaya darat, dan anggrek.

Kamar mandi

Salah satu yang bikin kamar mandi menjadi ciamik biasanya terletak pada dekorasi dinding maupun pemilihan lantai. Tetapi, saya jamin kamar mandimu bakalan menciptakan kesan yang berbeda dengan sentuhan tanaman hijau, haa mbok yaqueen.

Shaw mengatakan, tanaman akan senang apabila diletakkan di kamar mandi yang lembab. Kamu dapat meletakkan tanaman jenis kalatheas atau paku yang menyukai banyak air.

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *