Dapur itu kan biasanya luasnya terbatas tapi kegiatannya bejibun, banyak kali men. Kegiatannya bisa dari mengolah bumbu dapur, memasak dan menyajikan makanan.

Ditambah lagi kalau ada wastafelnya kan jadi sepaket buat nyuci piring. Ga cuma alur kerjanya aja yang bener biar sirkulasinya lancar, tapi juga harus didukung dengan pencahayaan yang memadai biar aman.

Yang perlu diperhatikan soal pencahayaan di dapur adalah general lighting dan task lighting. General lighting buat penerangan dapur secara merata, sedangkan yang satunya, task lighting secara khusus untuk menerangi area kerja dapur.

Pilih yang putih

Untuk area kerja dapur perlu pencahayaan task lighting dengan tingkat terang cahaya kurang lebih 300 luks agar warna-warni sayuran, buah dan bumbu dapat dilihat secara teliti. Menggunakan warna cahaya putih atau mendekati cahaya alami (natural daylight) adalah langkah yang tepat.

Cahaya putih ini fungsinya biar warna benda bisa kelihatan dengan baik di mata, jadi pas masak Kamu bisa membedakan warna makanan yang diolah

Ada baiknya lampu task lighting  diletakkan  tersembunyi di bawah kabinet atas atau lemari gantung pada kitchen set, biar tidak menyilaukan mata dan mengganggu pandangan. Pencahayaan pun bisa juga dipantulkan ke arah dinding lebih dulu sehingga nanti Kamu bisa mendapatkan bias cahaya yang lebih lembut

Kamu juga bisa pakai jenis lampu neon (tube light) yang warnanya putih. Tinggal diarahkan secara langsung di atas meja kerja. Jika dapur Kamu didesain dengan island table, pada meja kerja di bagian tengah, Kamu bisa menempatkan lampu spotlight  yang  dari arah kabinet atas atau tepat di atasnya.

Khusus pada area memasak, penerangan juga bisa dibantu dengan alat penghisap asap (cooker hood) yang diletakkan di atas kompor yang pada umumnya sudah dilengkapi dengan lampu.

Tips

  • Saat ini dapur biasanya juga dimanfaatkan untuk memajang koleksi si Nyonya rumah. Kamu bisa pakai lampu LED dengan watt rendah untuk memokuskan benda yang dipajang di atas rak terbuka.
  • Kamu bisa meletakkan lampu di dalam kitchen set apabila kitchen set Kamu terdiri dari kabinet berlapis kaca buram atau sandblast. Pendaran cahaya yang terlihat dari luar dapat menciptakan aksen dekoratif yang menarik serta suasana dapur akan semakin indah.
  • Usahakan tetap memasukkan pencahayaan alami ke dalam ruang dapur melalui skylight dari atas plafon atau bukaan jendela pada siang hari. cahaya alami membawa panas yang bermanfaat mengeringkan ruang dapur yang sering basah dan membunuh bakteri, disamping dapat menghemat listrik tentunya.
  • Kamu bisa menambahkan lampu gantung di Area meja sarapan (breakfast table) yang mungkin berada dekat dapur. Pilih lampu dengan warna cahaya kuning untuk menciptakan nuansa yang cozy atau warna putih untuk menimbulkan kesan moderen. Tapi hati-hati, jangan menambahkan lampu gantung pada area kerja di dapur karena akan malah justru bikin ruang gerak menjadi tidak bebas.

Disadur dari housingstate.id


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *