Mayoritas orang yang hidup di kota besar, di kota metropolitan seperti di Surabaya, Jawa Timur misalnya, pasti pengen ya punya kehidupan perkotaan yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka.

Mereka pasti pengen punya rumah layak huni tapi harganya terjangkau plus dekat dengan kawasan Central Business Districk (CBD).

Sebenarnya ada lho konsep rumah mikro bertajuk “R Micro Housing”. Perumahan mikro tersebut dirancang fungsional, tetapi tetap nyaman dan cocok untuk diaplikasikan di lahan terbatas di salah satu kawasan terpadat di Surabaya.

Pencetus konsep ini adalah Simple Projects Architecture, perumahan ini adalah komplek kecil yang didirikan di atas lahan seluas 518 meter persegi pada tahun 2019 dengan jumlah total 5 unit saja. Tiap-tiap unit memiliki luas tanah 29,8 meter persegi dan luas bangunan 12 meter persegi.

Dilansir dari Arch Daily, perancang konsep ini memutuskan untuk menggunakan fasad dengan kombinasi massa yang sederhana tetapi kompak. Sehingga, proses konstruksi akan lebih cepat dan memakan biaya yang lebih efisien.

Dalam sisi desain, konsep ini menggunakan pendekatan desain minimalis modern dengan skema warna monokromatikserta massa bentuk geometris dasar. Akhirnya, tampilan kompleks ini jadi beda sendiri dibandingkan dengan tetangga-tetangganya depan kompleks, jadi unik gitu lho.

Arsitek juga menempatkan beberapa bukaan cukup besar yang strategis untuk ventilasi silang serta mengintegrasikan halaman ke dalam rencana tata letak interior. Setiap unit pun juga memiliki tempat parkir sendiri, jadi ga usah bingung hari ini markir depan rumahnya siapa gitu, hehe.

Semua fitur tersebut dinilai dapat melengkapi pengalaman tata ruang unik dan diharapkan dapat menjadi representasi gaya hidup penghuninya pada masa depan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *