Wahai pemuda-pemudi tanah air yang tercinta ini, percayalah, kalau jual rumah itu ga gampang. Ditambah lagi kalau yang dijual ternyata adalah rumah angker, ada mba kuntinya, hii..serem deh.

Bisa jadi predikat rumah angker itu cuma mitos atau rumor aja, tetapi hal itu pastinya sangat berpengaruh besar terhadap calon pembeli. Wajarkan, pembeli pasti ingin hunian yang layak dan aman, termasuk aman dari rumor yang ga mengenakan seperti rumah angker banyak hantunya.

Banyak yang menganggap rumah angker bisa mengganggu psikologi atau kesehatan jiwa penghuninya. Bahkan bisa bikin penghuninya tidak nyaman tinggal di rumah angker tersebut.

Namun, bila Kamu punya rumah angker tapi masih tetap kekeuh pengen menjualnya, ini ada triknya. Cekidot skuy:

  1. Sampaikan informasi apa adanya kepada agen properti

Bilang aja terus terang kepada agen properti, ga usah ditutup-tutupi. Biar nanti agen propertinya yang memberikan beberapa solusi termasuk soal rumah berhantu ini. Apakah hantunya ini perlu “dikenalkan” kepada calon pembeli atau tidak.

Selanjutnya, agen properti akan menyusun formula penjualan sekaligus melakukan pengecekan landasan hukum. Misalnya, ada sebuah negara yang mengharuskan penjual rumah untuk mengungkapkan perihal angker atau tidaknya rumah kepada pembeli.

Walaupun banyak yang tidak memiliki aturan tersebut. Sehingga pihak pemilik atau agen ga perlu bilang-bilang ke pembeli, jadi diam aja ya sshh..!!

  1. Beri penjelasan, tepis rumor rumah berhantu

Mitos rumah angker biasanya tercipta atau berkembang dari orang-orang sekitar. Awalnya seperti ada yang melihat penampakan, mengalami gangguan mistis. Dari kejadian tersebut kemudian menyebar ke orang lain, dan akhirnya terciptalah mitos rumah angker.

Nah, ini adalah tantangan tersendiri buat Kamu yang mau menjual rumah angker. Jangan mudah mempercayai rumor, tetaplah bersikap rasional dan berikan penjelasan kepada orang-orang sekitar supaya stigma rumah angkernya menghilang.

Rumor rumah angker seringkali tidak bisa dibuktikan baik secara empiris atau sungguhan. Tugas terpenting adalah menghilangkan stigma negatif tersebut.

  1. Memanggil paranormal

Menghilangkan stigma rumah angker memang sulit. Kalau orang sudah percaya, maka tidak semudah itu ferguso. Sebelum rumahnya dijual, Kamu bisa memanggil ‘orang pintar’ atau paranormal yang bisa mengusir hantu-hantu yang digemborkan oleh berbagai sumber.

Jika memang beneran ada hantunya, maka akan dinetralisir oleh paranormal tersebut. Termasuk pengaruh buruk lainnya yang bisa bikin calon pembeli tidak nyaman. Keberadaan paranormal ini pun juga bisa meyakinkan orang-orang sekitar bahwa rumah angker tersebut sudah steril dan tidak lagi ada penghuni tak kasat mata lagi.

  1. Jual dengan harga yang fantastis

Walaupung sudah kadung terstigma angker, bukan berarti rumah tersebut tidak bisa dijual. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang fantastis. Boleh jadi dengan cara demikian malah banyak calon pembeli yang berdatangan.

Memang rumornya angker, tapi kan banyak juga orang yang tidak percaya dengan hal aneh seperti itu, mereka ga peduli soal itu. Yang ada malah mereka senang soalnya bisa dapat rumah dengan harga yang murah.

Begitulah kira-kira triknya, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com




0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *