Sudah jelas kalau kamar mandi merupakan ruangan yang paling lembab, namanya juga tempat buat Kita mainan air, yo buat mandi lah, yo buat buang air lah, yo buat cuci baju juga. Tapi sepertinya yang terakhir tidak untuk para sultan, hehe.

Sama seperti ruangan lainnya, kamar mandi juga butuh perawatan. Soalnya kalau dibiarkan lembap begitu saja kamar mandi bisa jadi sarang berkembangnya jamur.

Lha terus, bagaimana caranya menyiasati kelembapan di kamar mandi ? Apalagi kalau kamar mandinya minim jendela, haduh bijimane dong ?

Tenang aja gan, melansir Viessman, berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi kelembapan di kamar mandi yang bahkan ga ada jendelanya:

  1. Manfaatkan sinar mentari

Kamar mandi kan pastinya kondisinya berbeda dengan ruangan lain, ukurannya paling kecil tapi paling lembab, maka butuh perhatian khusus.

Kamu bisa memanfaatkan sumber cahaya alami, yaitu sinar sang mentari di siang hari. Jika belum ada atau malah tidak ada lubang cahaya dari dinding maka Kamu bisa bikin jalur cahaya matahari dari plafon.

Selain bisa membantu penerangan di kamar mandi, sukur-sukur bisa menghemat listrik juga, sinar mentari juga bisa mengurangi kelembapan di kamar mandi.

  1. Pasang exhaust fan (kipas angin)

Exhaust fan atau bahasa bekennya kipas angin, bisa bikin udara di kamar mandi bergerak atau berputar. Kipas angin ini bisa dipasang di plafon supaya kelembapan dalam kamar mandi bisa berkurang.

Biar hasilnya maksimal, Kamu bisa memasang kipas angin ini pada plafon yang berseberangan dengan pintu supaya udara dapat berputar di kamar mandi.

  1. Memasang lampu di sisi cermin

Untuk menambah nilai estetika di kamar mandi, beberapa orang meletakkan cermin di kamar mandi. Estetikanya dapet, narsisnya juga dapet.

Kamu bisa meletakkan lampu di sisi kanan dan kiri cermin supaya kelembapan di dalam kamar mandi berkurang. Oh ya, lampu dipasang sejajar dengan ketinggian wajah untuk menghindari terjadinya bayangan yang mengganggu jika lampu ditempatkan di atas cermin atau dipasang terlalu rendah.

Keringnya dapat plus berasa jadi kayak artis yang lagi dandan di dressing room, heuheuheu.

  1. Gunakan shower

Cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan shower atau pancuran ketimbang menggunakan bak mandi atau ember. Dengan shower air yang menguap dan membasahi ruangan kamar mandi bisa berkurang. Plus, dengan shower Kamu juga bisa lebih hemat air.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *