Ternyata pemakaian air kita selama ini cenderung tinggi lho guys, dan selama pandemi jumlah pemakaian air pun meningkat. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Indonesia Water Institute tercatat, sebelum pandemi total konsumsi air bersih untuk rumah tangga berada pada kisaran 415–615 liter per hari per rumah. Jumlahnya meningkat setelah pandemi menjadi 995–1.415 liter per hari per rumah.

Wajar aja, Kita pakai air lebih banyak terutama buat mandi dan cuci tangan. Sebelum pandemi kan rata-rata orang pakai air buat mandi habis 50-70 liter per harinya, setelah pandemi nambah jadi 150-210 liter. Air buat cuci tangan pun juga begitu, yang tadinya per orang 4-5 liter per harinya jadi sampai 20-25 liter per harinya, bisa naik 5x lipatnya guys.

Sudah tentu, pemakaian air yang meningkat pada masa-masa ketika kita mesti menerapkan protokol kesehatan semakin mendesak dan penting pula bagi kita untuk sebisa mungkin menghemat air.

Tenang aja guys, ga usah bingung, Berikut ini adalah beberapa cara paling mudah yang bisa dilakukan di rumah buat menghemat air.

  1. Pasang keran dan kepala shower dengan debit kecil

Rata-rata kepala shower dan keran menyemburkan 18–30 liter air per menit. Kamu bisa mengendalikan debit air dari keran untuk menghemat pemakaian air. Di pasaran ada juga lho penghambat aliran air yang bisa memangkas debit air sehingga debitnya bisa mencapai 11 liter atau kurang per menitnya.

2. Mencuci pakaian sekaligus banyak

Mencuci baju sedikit-sedikit tetapi sering ternyata berpotensi terjadi pemborosan pemakaian air. Mendingan kamu cuci pakaian 2 atau 3 hari sekali kalau anggota keluarga di rumahmu tidak banyak.

Dalam kondisi pandemi ini, pakaian yang sudah dipakai beraktivitas diluar harus segera dicuci, bisa juga direndam dulu di air sabun, baru besoknya dicuci dengan pakaian-pakaian yang lainnya.

3. Perbaiki kebocoran kecil

Nah ini, kebocoran kecil pada keran atau pipa di rumah sering terjadi. Kadang-kadang, ini sering ditunda untuk diperbaiki soalnya cuma dianggap hal kecil. Padahal, kebocoran yang terjadi sepanjang hari ini bisa bikin air terbuang sia-sia, bahkan kalau dihitung-hitung, tiap minggunya bisa sampai 600 liter lho. Aduh, lumayan kan buat mandi.

Maka dari itu, jika terjadi kebocoran langsung diperbaiki, jangan ditunda-tunda. Kalau tidak bisa memperbaikinya sendiri, kamu bisa memanggil tukang ke rumah.

Disadur dari klasika.kompas.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *