Sandang, pangan, papan adalah 3 kebutuhan primer yang wajib hukumnya buat dipenuhi. Tapi, kalau untuk urusan papan atau rumah, mungkin sebagian dari Kita kesulitan untuk bisa beli atau punya rumah, alasannya macam-macam, terutama finansial. Maklum, harga rumah ga murah alias muahaalll bosque.

Padahal rumah dan murah kan hurufnya sama, tapi kok ga sesuai kenyataan ya, aarrgghh tidak, kenyataan ini bikin kepalaku kemut-kemut.

Ok, Kita lanjut lagi. Salah satu solusi dari masalah ini adalah ngontrak. Sembari menabung buat beli rumah, mengontrak rumah atau menyewa rumah adalah solusi.

Namun, Kamu harus hati-hati kalau mau mengontrak atau menyewa rumah. Ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui menyangkut lokasi, kondisi rumah, perjanjian kontrak, serta potensi risiko di masa yang akan datang.

Nah, Kita sudah merangkum nih 5 hal yang harus Kamu ketahui sebelum ngontrak, cekidot lur.

1. Sesuaikan dengan Lokasi, Kebutuhan, dan Anggaran

Hal pertama yang musti Kamu lakukan adalah mencari rumah yang sesuai dengan lokasi, pertimbangkan lokasi rumah dengan lokasi tempat kerja Kamu, pasangan, dan sekolah anak-anak. Kemudian pertimbangkan soal kebutuhan seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi dan fasilitas di sekitarnya. Terakhir, tentu saja budget, sesuaikan dengan kemampuan finansialmu bosque.

Kamu bisa mencari rumah kontrakan di situs jual beli properti, tapi jangan lupa perhatikan kejelasan gambar atau foto rumah, spesifikasi, harga sewa, dan transparansi cara pembayaran.

2. Cek Rumah Langsung

Kita tahu Kamu pasti sibuk, tapi luangkanlah waktu buat mengecek rumah secara langsung. Buat janji dengan yang punya rumah. Cek apakah kondisi dan spesifikasi rumah sesuai dengan iklannya.

Lihat juga kondisi bangunan dan interior rumah secara seksama. Kalau ada kerusakan yang perlu dibersihkan atau diperbaiki segera laporkan kepada pemilik rumah. Ini penting lho supaya kerusakannya bisa ditangani segera dan Kamu bisa terhindar dari tuduhan sebagai penyebab kerusakan rumah.

Dengan insting dan perasaan pribadi yang kadang sulit dijelaskan dengan kata-kata, Kamu bisa lho menemukan rumah yang cocok buat Kamu, ha mbok yakin.

3. Tanyakan Informasi Penting Sebanyak Mungkin

Pas Kamu ngecek rumahnya, jangan cuma fokus pada bangunannya. Sempatkan pula buat tanya-tanya soal kondisi lingkungan sekitar, aturan-aturan di lingkungan tempat tinggal, keamanan lingkungan, biaya listrik dan air.

Jangan lupa kontak-kontak penting seperti pengurus RT dan RW, serta informasi-informasi penting lainnya yang berguna saat Kamu sudah menetap di sana.

4. Baca Kontrak Perjanjian Sewa dengan Teliti

Ketika sudah waktunya buka puasa, eh salah, maksudnya tanda tangan kontrak. Pastikan Kamu sudah berdiskusi dengan pemilik rumah buat menentukan klausul-klausul perjanjian dan pemilik rumah sudah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan Kamu.

Misalnya soal jumlah deposit yang harus dibayarkan, cara pembayaran uang sewa, cara perpanjang kontrak, perbaikan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dan sebagainya.

Kontraknya juga harus dibaca dengan teliti dan seksama, jangan sampai Kamu melewatkan pasal-pasal yang ternyata krusial dalam urusan sewa-menyewa rumah, ini bakalan merugikan buat Kamu.

5. Jaga Kondisi Rumah Secara Keseluruhan

Pastikan untuk menjaga kondisi bangunan dan interior rumah secara keseluruhan, mengingat itu bukan rumah Kamu. Bisa jadi selama menyewa Kamu harus melakukan perbaikan dan renovasi yang penting untuk menjaga kondisi rumah.

Tetapi ingat, lakukanlah sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik rumah. Hal-hal yang umumnya tidak boleh dilakukan adalah mengubah keseluruhan fasad rumah atau jaringan vital seperti kelistrikan dan air.

Begitulah sekiranya, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com





0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *