Papan gypsum memang sudah sejak lama digunakan supaya tampilan rumah jadi makin ciamik. Sifatnya yang mudah dibentuk dan dipasang yang membuat banyak orang memilih menggunakan papan gypsum. Biasanya papan jenis ini dipakai sebagai plafon atap rumah.

Tapi tau gak guys, teryata papan gypsum juga bisa dipakai sebagai bahan pelapis buat dinding interior rumah lho. Kalau dulu kan Kita taunya cuma pakai cara konvensional (pake plesteran batu bata) buat bikin dinding, ternyata kini ada cara baru yang lebih praktis dan efisien.

Menurut Strategy & Product Manager PT Petorjaya Boral Plasterboard (produsen papan gypsum) R .Krisma Hadianto, menggunakan papan gypsum buat bikin partisi interior rumah ternyata banyak keunggulannya jika dibandingkan dengan dinding beton.

Nah, beberapa keunggulan gypsum antara lain adalah :

Harga Papan Gypsum Lebih Hemat

Budget yang dikeluarkan ketika membangun rumah bisa diminimalisir jika menggunakan gypsum, karena sifat gypsum yang ringan sehingga Kamu gak harus bikin pondasi rumah yang kuat.

Ditambah lagi Kamu pun juga bisa memasang sendiri bahan material ini untuk dinding, sehingga gak perlu lagi keluar duit buat bayar tukang.

Ramah Lingkungan

Yes, papan gypsum is eco-friendly, karena kalau bahan material ini sudah nggak kepake lagi maka gypsum akan langsung melebur dalam tanah sehingga tidak mencemari tanah tersebut.

Ditambah lagi, gypsum tidak menyerap hawa dingin jadi kalau ruangannya ber-AC maka ruangan jadi lebih cepat dingin, bisa jadi lebih hemat energi pula toh.

Papan Gypsum Lebih Ringan

Tentu saja bobot gypsum lebih ringan kalau dibandingkan dengan dinding beton, dan ini merupakan sebuah keunggulan karena bisa bikin penghuni rumah menjadi aman, apalagi pas terjadi gempa.

Mudah Dipasang

Pemasangan gypsum ini ternyata sangat mudah, Kamu tinggal menyiapkan rangka dinding terus ditempel dah, gampang kan. Ketimbang dinding beton, Proses pengerjaannya pun relatif cukup cepat. Soalnya kalau dinding beton Kamu harus menyiapkan semen dan batu batanya dulu kemudian proses pembuatannya pun cukup lama.

Mudah Diperbaiki

Ga cuman mudah dipasang, gypsum juga gampang diperbaiki lho. Contohnya semisal dinding mengalami kerusakan seperti lecet atau berlubang, ya tinggal didempul aja bagian yang rusak atau diganti sekalian dengan papan gypsum yang baru, toh ga susah.

Disadur dari lamudi.co.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *