Akhir-akhir ini papan gypsum banyak digunakan oleh masyarakat, baik digunakan sebagai plafon sampai partisi ruangan. Wajar aja, papan gypsum yang bersifat ringan dan mudah dipasang membuat bahan ini menjadi pilihan masyarakat.

Ditambah lagi papan gypsum juga memiliki ketahanan yang bagus, bahkan sejumlah produsen papan gypsum ada yang merilis produk gypsum yang tahan api dan tahan air untuk diterapkan di area yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

Dengan banyaknya peminat, maka tidak mengherankan apabila saat ini banyak sekali brand papan gypsum yang bertebaran di pasaran, tetapi sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan kualitas yang baik, alhasil banyak konsumen yang mengeluh papan gypsum yang mereka gunakan ternyata mudah patah dan menggelembung.

Nah, buat Kamu yang kebetulan saat ini pengen beli papan gypsum, berikut ini adalah tips memilih papan gypsum dari Rahmawan K. Gunawan, Technical Relation Supervisor PT Petrojaya Boral Plasterboard (produsen papan gypsum dengan merk Jayaboard).:

Tampilan bagian muka papan yang halus

Pertama-tama adalah cari papan gypsum yang memiliki bagian muka yang halus dan rata, karena dengan begitu bakal bikin proses pengecatan atau finishing jadi bagus.

Kualitas kertas yang Top-Markotop

Umumnya papan gypsum terbuat dari inti gypsum yang terbungkus dalam kertas pelapis, untuk itu pilihlah gypsum yang memiliki daya rekat kertas pelapis tidak mudah terkelupas jika disobek.

Jika kualitas kertasnya kurang bagus akan cepat menyerap kertas, mudah menjamur, menggelembung dan cepat bolong. Maka dari itu, pilihkan gypsum yang memiliki kualitas kertas yang bagus.

Pilih yang memiliki garansi

Pilihlah papan gypsum yang bergaransi, karena memang terdapat sejumlah produsen papan gypsum yang menyediakan garansi terhadap produknya. Hal ini sangatlah penting karena dapat menjamin produk yang diterima oleh Kamu sebagai konsumen sesuai dengan spesifikasi.

Tidak mudah patah

Beli lah papan gypsum yang tidak gampang patah, cara mendeteksi hal tersebut sebenarnya cukup mudah, Kamu tinggal mengangkat papan gypsum, jika diangkat terasa rapuh tidak solid maka papan gypsum tersebut gampang patah.

Ringan

Papan gypsum yang ringan mudah pula proses pengerjaannya, makin ringan makin mudah. Tetapi yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan memilih gypsum yang ringan tetapi rapuh, pilihlah gypsum ringan tetapi solid dan kokoh.

Disadur dari lamudi.co.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *