Pandemi Covid-19 ini bikin Kita lebih sering ada di rumah ya, ya maklumlah biar rantai penyebaran virus bisa terputus. Inilah yang akhirnya mendorong orang untuk melakukan hobi yang bisa dikerjakan di rumah seperti berkebun, memasak, dan memelihara hewan, yang lagi rame itu lho piara ikan cupang.

Kita ngomongin soal kolam ikan nih, kolam ikan pastinya butuh penanganan khusus ya biar air yang ada di kolam gak ngerembes keluar alias bocor.

“Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan kolam ikan di rumah bisa berfungsi dengan baik. Bila air di kolam terus berkurang, pindahkan ikan terlebih dulu kemudian lakukan pengecekan untuk memastikan titik yang bocor. Bila setelah beberapa hari masih ada air di dasar kolam, artinya kebocoran pada bagian dinding kolam, tapi bila habis kebocorannya dari dasar kolam,” ungkap Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, sole agent produk pelapis anti bocor Aquaproof.

Beberapa tips dari ahlinya bisa dilakukan supaya kolam ikan bisa berfungsi dengan maksimal, simak nih gan tipsnya:

1. Bagian yang dilapisi

Pastikan bagian yang akan dilapisi sudah bersih dari kotoran maupun partikel debu dan tentunya sudah kering. Kamu bisa pakai lapisan primer super cement +semen dengan perbandingan 1:1,25. Campuran primer ini berfungsi untuk mengikat sisa kotoran yang tertinggal sehingga daya lekat waterproofing bakal sempurna menutup retak halus.

2. Pelapis anti bocor

Gunakanlah pelapis anti bocor yang berkualitas, yang didesain memiliki fitur flexible cementitious sehingga sangat pas sekali untuk diaplikasikan pada area tergenang seperti kolam. Gunakanlah pelapis yang memiliki sifat kedap air, fleksibel, tahan lama, daya lekat tinggi, dan tentunya tidak beracun.

3. Perawatan

Setelah kedua langkah di atas, ada beberapa hal rutin yang harus dilakukan seperti menjaga kebersihan kolam, mengecek pompa air dan filter, serta pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik terlebih kolam dengan air mengalir atau air mancur.

Nah, demikianlah tips dari Kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Disadur dari housingstate.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *