Masalah yang sekiranya pasti terjadi dimana-mana yaitu tumpukan debu. Hati-hati lho dengan debu ini walaupun tampak sepele tapi debu bisa bikin kesehatan Kita jadi bermasalah, mulai dari alergi hingga gangguan terhadap paru-paru, tentunya bikin sesak dan gak nyaman.

Tapi tenang saja kawan-kawan, Kita punya 6 tips ampuh nih buat menghilangkan debu dari semua perabotan di rumah, cekidot skuy!

1. Sapu lantai setiap 2-3 hari sekali

Meski gak selamanya kelihatan, tapi debu bisa dirasakan lho pas Kita menapaki lantai rumah, nah karena itulah lantai rumah harus disapu secara rutin, terutama bagian-bagian yang sering digunakan untuk beraktivitas seperti dapur dan kamar tidur.

2. Sehabis disapu, jangan lantainya dipel

Biar bersih maksimal lantai juga harus dipel. Biar nanti kotoran-kotoran atau kuman-kuman yang terlewat atau tidak bisa disapu bisa hilang juga. Kita bisa pakai kain pel yang basah, atau sekalian gunakan cairan pembersih lantai biar hasilnya maksimal dan bisa memberikan aroma segar pada lantai rumah.

3. Sebulan sekali, jemur dan tepuk-tepuk bantal, guling, dan karpet 

Sadar gak sih, tiap malam pas lagi tidur Kita sebenarnya juga menghirup debu lho. Walaupun gak kelihatan kotor tetapi bantal, guling dan karpet merupakan sarang debu lho. Debu-debu ini asalnya dari luar ruangan.

Biar aman, Kita bisa membersihkan bantal guling Kita satu bulan sekali. Gunakan sapu ijuk khusus kasur untuk menepuk-nepuk ditambah tiap 2 minggu sekali bantal guling perlu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam biar bakteri-bakteri yang terkumpul mati.

4. Tiap dua minggu sekali cuci seprai dan selimut

Eits, jangan lupa seprei dan selimutnya juga ya soalnya debu juga sering tuh kumpul di seprei dan selimut Kita. Kita bisa mencuci seprei dan selimut tiap 2 minggu sekali biar gak sesak pas lagi tidur. Oh ya, jangan lupa membersihkan diri sebelum naik ke atas kasu supaya debu yang menempel bisa diminimalisir.

5. Jangan pakai kemoceng, pakailah lap microfiber

Walaupun sering digunakan, tetapi sebenarnya kemoceng malah bikin debut beterbangan dan mengotori bagian lainnya lho. Kita bisa menggunakan kain microfiber ketimbang pakai kemoceng.

Kain microfiber dapat menahan dan menyerap debu. Sebelum menggunakannya, basahi dulu kain microfiber dengan air untuk melap permukaan perabotan rumah. Ini bakal bikin perabotan rumah jadi lebih bersih pasalnya debu cenderung menempel pada kain microfiber yang basah. Tapi jangan lupa untuk membersihkan kain microfiber-nya setelah dipakai, kalau gak dibersihin terus dipakai lagi wadaw malah tambah kotor brow.

6. Singkirkan barang-barang yang tak lagi dipakai

Nah ini, barang-barang yang gak pernah dipakai pasti jadi markasnya debu. Gak cuma menimbulkan kesan berantakan, tapi juga menjadi sarang debu, sarang penyakit.

Sisihkan waktu misal setiap 6 bulan sekali untuk merapikan barang-barangmu. Simpan barang-barangmu di dalam tempat yang tertutup dengan rapi, di dalam rak/lemari misalnya. Supaya tidak tampak penuh, buang barang-barang yang tidak digunakan lagi.

Begitulah 6 tips dari Kita, semoga bermanfaat. Ciao!

Disadur dari rukita.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *