Buat temen-temen yang punya cicilan KPR, ada kabar gembira nih. Soalnya, kemungkinan beberapa bulan ini bakalan mengalami pengurangan cicilan. Pasalnya, subsidi bunga KPR sudah dialirkan kepada masyarakat

Nixon LP Napitupulu selaku Wakil Direktur Utama Bank BTN menyebutkan, pihaknya telah menyalurkan dana subsidi bunga cicilan KPR sebesar Rp 2,1 triliun kepada para nasabahnya.

“Sudah (disalurkan). Kecuali bagi rekening yang sudah lunas sebelumnya,” ungkap Nixon ketika dihubungi detikcom, Kamis (25/3/2021).

Ternyata, ada fakta penting yang bikin cicilan KPR turun, fakta-fakta penting tersebut antara lain:

1. Program PEN

Subsidi bunga KPR juga merupakan salah satu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang tercantum dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020.

Program ini diberikan dalam rangka membantu masyarakat mengurangi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh wabah COVID-19.

Beleid tersebut mengatur tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

2. Syarat dan Ketentuan

Tapi gak semuanya lho dapat subsidi bunga KPR tersebut, hanya yang membeli rumah tipe 70 ke bawah yang dapat insentif tersebut, selain itu ya gak dapat.

Berikut ini syarat lengkap nasabah yang memiliki hak untuk mendapatkan subsidi bunga KPR:
A. Nasabah memiliki NPWP
B. Plafon kredit maksimal Rp 10 miliar per 29 Februari 2020
C. Memiliki baki debet kredit hingga 29 Februari 2020
D. KPR yang diajukan adalah rumah tipe 70 ke bawah
E. Nasabah masuk dalam kategori kredit lancar dihitung per 29 Februari 2020

3. Cek Cicilan

Buat Kamu yang masuk ke dalam syarat yang ditentukan segera cek cicilan apakah nilainya turun atau tidak. Bisa jadi Kamu sudah mendapatkan program subsidi bunga KPR apabila cicilan Kamu turun .

Khusus buat nasabah KPR BTN, Kamu bisa mengunjungi langsung kantor cabang BTN terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut apabila tahu-tahu cicilan KPR-nya menjadi berkurang.

“Mungkin teman-teman (nasabah) mikirnya kok ada tagihan gue dibayarin? Gitu kan? Jadi seakan-akan (cicilan KPR-nya ) turun. Ini bisa dicek dengan datang ke kantor cabang BTN terdekat,” ungkap Nixon.

Disadur dari detik.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *