Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan buat mengusir tikus dari dalam rumah. Bisa pakai jebakan betmen, alat tradisional sampai bahan-bahan alami. Tapi kok ya gak ilang-ilang juga itu hama pengganggu.

Sebenarnya ada solusi yang lain, yaitu cari tahu sarangnya dan hilangkan tempat tersebut sepenuhnya, pokoknya search and destroy.

Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan dan mengantisipasi tikus masuk ke dalam rumah. Lha wong tempat sarangnya gak ada, mau sembunyi dimana, kan gitu. Berikut adalah ulasan lengkapnya, cekidot slur.

3 Ciri Area Sarang Tikus di Rumah

1. Tersembunyi, Hangat dan Aman dari Jangkauan Manusia

Setiap kali tikus bersarang, ia akan memilih tempat yang tersembunyi, hangat, dan aman dari jangkauan manusia karena memang tikus adalah hama pengganggu yang tak suka diganggu.

Toh ya namanya tempat persembunyian, ya mosok bersarang di depan tv, mo ngapain ? Mo nobar emyu kalah, wkwkwk.

Dikutip dari laman rentokil.co.id, aman di sini maksudnya gak cuma buat berlindung, tapi bisa saja digunakan untuk berkembang biak.

2. Relatif Dekat dengan Makanan

Dekat dengan makanan adalah karakteristik tempat yang dijadikan sarang oleh tikus. Maklum, biar gampang mendapatkan dan menyimpan makanan. Jadi wajar aja kalau sarang tikus seringkali ditemukan di dekat area dapur.

3. Dekat dengan Bahan Pembuat Sarang

Tikus menyenangi bahan-bahan seperti kain, koran, hingga kardus. Tak jarang barang-barang tersebut dikumpulkan oleh tikus untuk dijadikan sebagai sarang. Bahkan, jika bahan pembuat sarangnya memadai hewan pengerat itu pun tak akan berpikir dua kali buat beranak pinak.

4 Lokasi Tikus Bersarang di dalam Rumah

1. Di Dalam Rongga Dinding

Sarang tikus di rumah terakhir adalah di dalam rongga dinding. Kayak di serial kartun Tom and Jerry kan, bahkan si Jerry punya kasur di situ, udah mirip apartemen aja.

Bila Kamu menemukan lubang di sudut dinding, bisa jadi tempat itu adalah akses keluar masuknya tikus yang sengaja mereka buat. Tempat tersebut ideal dan pas untuk dibuat sarang. Tak jarang juga mereka menggerogoti rongga dinding untuk memperluas sarang mereka.

2. Di Dekat Peralatan Dapur

Peralatan dapur, seperti di balik kompor dan kulkas, adalah dua tempat sempurna untuk tikus bersarang. Posisinya nyaman dan jauh dari jangkauan manusia, ditambah area tersebut tentunya dekat dengan persediaan makanan. Bersihkan area tertutup di dapur supaya tikus tidak dapat bersarang di sana.

3. Di Belakang Lemari

Apakah Kamu pernah menemukan pakaian dan lemari rusak gara-gara digerogoti tikus nakal ? Wajar aja, karena memang tikus gemar bermarkas di balik lemari.

Ini karena di area tersebut hangat, terdapat sumber bahan untuk membuat sarang, sehingga nyaman bila dibuat rumah oleh tikus.

Antisipasi yang bisa Kamu lakukan sama dengan loteng dan atap, pastikan tidak ada lubang di dalam lemari sebagai bentuk pencegahan. Jangan lupa sering-seringlah cek area tersebut agar terhindar dari serangan tikus.

4. Loteng dan Atap

loteng, plafon, atau atap rumah adalah area yang kerap kali jadi sarang tikus. Area ini menjadi ideal lantaran tempatnya yang gelap, hangat, terpencil dan jauh dari jangkauan manusia.

Untuk mengantisipasinya Kamu bisa mengupayakan untuk menutup semua lubang akses ke loteng atau atap supaya tikus tidak bisa masuk.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *