Teknologi makin ke sini makin berkembang, perkembangannya pun cepat sekali, wush wuusshh wuusshhh. Tentu perkembangan teknologi berdampak juga hunian, kini hunian tidak lagi sebatas tempat untuk memberikan kenyamanan dan keamanan tetapi juga memberikan kemudahan hidup bagi penghuninya.

Sudah pasti rumah yang mengadopsi kecanggihan teknologi dapat meningkatkan nilai jual di masa depan. Kita juga udah nyiapin nih tips n trik-nya biar Kamu bisa menciptakan rumah masa depan yang canggih.

1. Otomatisasi

Sekarang sudah ada namanya peralatan pintar, dengan peralatan pintar tersebut Kamu cukup menggunakan jari-jemarimu, tinggal geser kanan geser kiri lewat tablet atau smartphone Kamu sudah bisa mengontrol setiap sudut ruangan.

Kamu sudah bisa menghidupkan lampu, nyalain AC, mesin cuci, hingga fitur keamanan. Asal Kamu tau aja ya, peralatan pintar seperti itu gak mahal lho, harganya terjangkau dan bisa ditemukan di mana-mana dan bisa dimanfaatkan untuk menghemat listrik.

2. Hemat energi

Rumah masa depan adalah rumah hemat energi. Energi rumah yang efisien tentu akan menurunkan tagihan listrik bulanan serta baik untuk lingkungan.

Caranya gampang, Kamu bisa pakai peralatan rumah tangga dengan peringkat energy star tinggi, ganti lampu bohlam dengan lampu LED, memasang panel surya.

Kamu juga bisa mengisolasi rumahmu untuk menambah efisiensi energi seperti memasang jendela panel ganda, isolasi semprotan busa, dan menerapkan desain pendingin pasif.

3. Ramah lingkungan

Rumah masa depan tentunya harus mengurangi jejak karbon. Ada sejumlah perbaikan rumah lainnya yang patut dipertimbangkan disamping penghematan energi.

Salah satunya Kamu bisa menginstalasi sistem aliran rendah di kamar mandi. Untuk taman, pilihlah tanaman yang membutuhkan sedikit air seperti rumput rusa misalnya.

Soal dekorasi, gunakanlah bahan daur ulang serta bahan yang tidak beracun dan ramah lingkungan seperti cat VOC rendah dan kayu lapis bebas formaldehida.

4. Manajemen kabel

Tentunya listrik akan sangat central, maka manajemen kabel tentulah krusial. Kalau kabelnya bersliweran kan sudah bahaya gak enak dilihat pula, risih gitu. Kamu bisa menyelipkannya di belakang meja atau di balik karpet. Kamu mungkin juga butuh untuk memasang kabel dan saluran kabel cadangan di dinding, atau kabel otomatis.

5. Persiapkan waktu henti internet

Lagi sibuk kerja atau berselancar di internet, eh tau-tau jebret internetnya mati, kan bikin kesel gitu ya, bikin esmosi. Ditambah lagi koneksi ke perabotan rumah juga terputus lantaran lampu pintar misalnya, biasanya mengandalkan jaringan WiFi.

Kamu perlu mengatur pemakaian internet supaya internet tetap siap siaga tanpa harus mengalami kehabisan paket data. Posisi jaringan WiFi juga penting, letakkanlah router alat WiFi dengan tempat yang paling sering Kamu beraktivitas di dalamnya.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *