Sertifikat Akta Jual Beli atau AJB merupakan catatan pengikat antara penjual dan pembeli properti di depan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). AJB sendiri berstatus sebagai bukti peralihan pembelian properti.

Ingat, bukti pembelian bukan sebagai bukti kepemilikan yang kuat di mata hukum, tidak sedikit masyarakat yang bertanya apakah AJB bisa digadaikan atau dijadikan sebagai jaminan kredit di bank.

Sebenarnya menggadaikan AJB di bank atau lembaga keuangan lainnya bisa dilakukan hanya saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti harus ada dokumen yang lengkap, rasio gaji dengan jumlah nominal pinjaman sesuai, BI checking yang bagus serta lokasi rumah/properti yang baik.

Nah, buat Kamu yang saai ini ada rencana buat menggadaikan AJB, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Dokumen yang Diperlukan

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan permohonan gadai AJB adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP 
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah) 
  • Fotokopi NPWP 
  • Surat Keterangan Bekerja 
  • Slip Gaji 
  • Akta Jual Beli 

Gadai AJB di Bank

Lalu, bisa gak ya bank menerima AJB sebagai jaminan ? Oh jawabannya tentu bisa, karena sebenarnya masih ada beberapa bank yang menerima AJB untuk dijadikan sebagai agunan atau jaminan.

Misalnya seperti bank CIMB Niaga, Danamon, BPR (Bank Perkreditan Rakyat), BRI, BRI Syariah dan BCA.

Untuk menggadaikan AJB di bank sendiri bisa dibilang sederhana, Kamu tinggal datang ke bank, isi formulir pengajuan kredit, menyerahkan dokumen. Setelah itu, pihak bank akan menganalisa berkas-berkas yang Kamu berikan, bank juga akan melakukan BI checking, survei lokasi dan wawancara kepada pihak debitur. Jika lolos permohonan kredit akan diterima dan bank butuh waktu selama 14 hari masa kerja untuk memproses permohonan kredit Kamu.

Lokasi rumah yang diagunkan pun juga harus baik, karena biasanya bank tidak akan menerima rumah/properti yang berlokasi di tempat yang rawan akan terjadi bencana, atau rumah yang memiliki ROW jalan yang sempit.

Disadur dari lamudi.co.id

Categories: Pembiayaan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *