Tanah air Kita ini sepertinya tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tapi juga kaya akan bencana alam kali ya, hehe. Mulai dari banjir sampai gempa bumi, kerugiannya pun gak tanggung-tanggung bos.

Nah, soal gempa ini, Menteri Kementerian Sosial Tri Rismaharini mendapat laporan ada akademisi dan peneliti yang memiliki desain rumah tahan gempa. Mendengar itu blio langsung gercep sowan ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Saya bertanya apakah ITS bisa membantu? Ternyata sudah ada desainnya. Sudah disiapkan. Untuk penerapannya di mana, saya laporkan dulu ke Bapak Presiden,” tanya Risma ketika di ITS Surabaya, dilansir dari liputan6.com (18/4).

Ia menilai, adanya rumah tahan gempa sanggup mengurangi rasa trauma masyarakat untuk kembali ke tempat tinggalnya. Hal ini pun juga menjadi salah satu bentuk mitigasi gempa terhadap masyarakat yang tinggal di jalur sumber gempa tumbukan lempeng dangkal atau megathrust.

“Jadi kalau rawan banjir ya kita bisa siapkan perahu. Kalau rawan gempa yang mungkin bisa disiapkan tenda, karena kalau gempa kan masyarakat takut berada di rumah,” kata Risma.

Menurutnya, rancangan rumah tahan gempa sangatlah penting guna mendukung salah satu program Kementerian Sosial yaitu trauma healing pasca bencana yang ditujukan untuk korban bencana alam.

“Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki kewenangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar pada saat dan pasca terjadinya bencana serta pemberian dukungan psikososial bagi korban bencana,” imbuh Risma.

Rumah Tahan Gempa Hasil Riset Pakar ITS

Rektor ITS Mochamad Ashari pun juga dengan senang hati pihaknya dapat membantu program-program dari Kemensos, terutama terkait dengan mitigasi bencana alam.

Tujuan utama kunjungan Risma ke ITS memang untuk melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah rawan bencana alam di Indonesia.

“Kalau bencana dibutuhkan pemetaan, kota di Indonesia rawan bencana apa. Sebab di ITS punya pakar dan pusat riset,” kata Ashari.

Dalam pertemuan tersebut, Ashari mengatakan telah memperlihatkan sejumlah desain rumah tahan gempa hasil rancangan ITS. Nantinya, ITS juga bakal mendukung Kemensos dalam hal teknologi, penataan data bencana, dan transportasi laut.

“Intinya ITS bantu secara teknologi, penataan data, desain rumah, dan transportasi laut. Apa yang kami punya, dengan senang hati membantu,” imbuh orang nomor 1 di ITS tersebut.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *