Dinding sebenarnya merupakan bagian rumah yang multifungsi, gak cuman berfungsi sebagai “badan” rumah atau pembatas ruangan. Kamu bisa memanfaatkan dinding buat macem-macem. Ya buat masang kipas angin, jam dinding, rak buku, foto, lukisan dan lain sebagainya. Oh ya, dinding juga bisa jadi kanvas favorit para balita lho, hehe.

Nah, salah satu skill yang harus Kamu punyai supaya Kamu bisa memanfaatkan dinding sedemikian rupa adalah mengebor. Keliatannya sih gampang, tapi kalau asal-asalan akibatnya bisa fatal lho.

Tenang aja, Kita udah nyiapin nih. Melansir Point2Homes, berikut adalah 6 hal yang harus dilakukan sebelum goyang ngebor mengebor dinding rumah.

1. Hati-hati soal Kabel listrik

Nah ini, bahaya ini, Kamu harus memperhatikan betul supaya tidak menabrak saluran kabel rumah yang ditanam di dinding. Konsekuensinya bisa mati listrik dan bahkan nyawa pun bisa melayang. Ditambah lagi perbaikannya juga gak gampang, Kamu harus menyewa tenaga ahli, membongkar dinding yang tentunya memakan biaya dan waktu.

Kamu bisa tahu lokasi kabel dengan melihat outlet listrik dan posisi saklar lampu. Biasanya kabel dipasang secara horizontal atau vertikal. Jadi Kamu harus extra hati-hati kalau mengebor di dekatnya.

2. Waspadai pipa

Mungkin gak se-mengerikan kabel listrik, tapi tetep aja merugikan. Tergantung pada jenis pipanya juga sih, bisa jadi Kamu terkena semburan air bertekanan tinggi yang bisa bikin kerusakan pas Kamu mematikan listrik. Atau yang lebih bahaya lagi Kamu menabrak pipa gas dan terjadi percikan api, kan bisa berabe.

Pipa ini juga lebih sulit diprediksi, terbuka atau tersembunyi, bahannya juga berbeda bisa dari plastik atau logam. Kamu juga harus mewaspadai pipa yang mungkin mengalir melalui dinding luar dan lantai.

3. Ketahui area dan lokasi berbahaya

Kamar mandi dan dapur adalah tempat yang paling mungkin menampung banyak kabel dan pipa. Dinding kamar mandi dapat menampung berbagai macam pipa. Dapur apalagi, di sana ada pipa gas, pipa air, pipa pemanas, dan juga kabel.

Sebelum mengebor, pastikan Kamu telah memutus arus yang relevan, baik itu arus listrik, air dan gas bila perlu.

4. Cek logam di balik dinding

Kamu bisa menggunakan metal detector untuk mengecek kabel listrik dan pipa yang tersembunyi di dalam dinding. Caranya Kamu tinggal menjalankan alat tersebut di sepanjang permukaan dinding, kalau ada bunyi bip nah itu. Tapi baterainya jangan lupa dicek lho ya, udah bunyi bip eh taunya baterainya habis, wkwkwk.

5. Pahami material dinding

Setelah semuanya aman, beres, penting juga buat Kamu untuk mengetahui bahan pembuat dinding. Misal, Kamu mau memasang cermin antik yang besar dan berat, Kamu harus kalkulasikan dulu kira-kira kuat gak ya dindingnya menahan beban cermin tersebut.

Atau misal dindingnya dari kayu, Kamu harus lebih hati-hati dalam proses pengeborannya soalnya dinding dari kayu lebih rentan kalau di bor, salah-salah malah dindingnya terbelah dan rusak.

6. Gunakan blat Bor yang tepat

Bahannya beda tentu alatnya berbeda pula. Kalau bahannya dari batu/beton Kamu butuh bor yang lebih kuat dan mata bor yang benar. Untuk bahan lain seperti pasangan bata, logam, dan kayu maka mata bornya juga berbeda. Oh ya, kalau untuk mengebor ubin Kamu butuh mata bor ubin khusus (biasanya ujungnya berlian) supaya dapat mencegah keretakan atau pecah.

Nah, demikian lah masukan dari Kami, semoga bermanfaat. Ciao!

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *