Hal yang musti Kamu lakukan biar rumahmu bisa awet, tahan lama, dan gak gampang rusak salah satunya adalah perawatan. Merawat rumah mencakup rumah beserta isinya, termasuk barang-barang yang ada di dalamnya.

Perawatan harus menjadi sebuah agenda rutin, gak bisa kalau cuma sekali dua kali doang. Nah, berikut ini Kita bagi tipsnya cara tepat merencanakan perawatan dan pemeliharaan rumah.

1. Buat jadwal perawatan rumah

Buatlah jadwal perawatan rumah, tujuan biar Kamu bisa teratur dalam merawat rumah. Jadwal ini bisa jadi acuan sekaligus pengingat supaya Kamu tidak lupa untuk merawat dan memperbaiki rumah. Jadwal ini pun juga bisa digunakan terus menerus, jadi gak perlu ada perubahan jadwal.

2. List daftar perbaikan rumah

Tentu gak semuanya bisa dikerjakan dalam satu hari penuh. Kamu bisa membuat jadwal secara detail dan rinci misalnya pada minggu pertama perbaikan fokus pada area dinding. Baik itu mengecat, membersihkan debu, merubah warna, dan lain-lain.

Minggu berikutnya perbaikan difokuskan pada instalasi listrik atau perangkat elektronik rumah seperti AC, kipas angin, lampu dan lain sebagainya. Untuk bagian ini apabila membutuhkan jasa seorang profesional maka segeralah menghubungi ahlinya mengingat beresiko tinggi.

Dan pada minggu berikutnya Kamu bisa fokus pada instalasi air keran. Untuk air keran ini juga sama apabila diperlukan segeralah menghubungi profesional dan carilah penyebabnya.

3. Bersikap pro-aktif lakukan perbaikan mendadak

Tidak ada salahnya melakukan perbaikan di luar jadwal perawatan rumah. Perbaikan yang harus segera dilakukan misalnya ketika engsel atau gagang pintu rusak, segeralah untuk memperbaikinya supaya tidak makin parah.

4. Perawatan taman di rumah

Gak cuma dalam rumah, di luar rumah juga harus diperhatikan lho. Jika Kamu mempunyai halaman yang luas dan penuh dengan tumbuhan dan tanaman, lakukanlah perawatan secara rutin. Pastikan tidak ada hama yang dapat membahayakan tanaman-tanaman di sekitarnya.

Jangan lupa soal semak-semak, awas semak-semak dapat mengundang nyamuk. Banyak yang bisa dilakukan dalam perawatan seperti penyiraman, penggantian, penanaman, pemotongan dan upaya lainnya untuk memastikan bahwa lingkungan rumah benar-benar bersih, sehat, aman dan juga nyaman.

Disadur dari kompas.com

Categories: Perawatan Rumah

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *