Maling itu memang sungguh meresahkan, rumah yang seharusnya memberikan kenyamanan dan keamanan eh, bisa dibobol juga. Tapi tenang saja, disini Kita akan membagi beberapa tips biar rumah bisa lebih terlindungi dari ancaman si pencurry.

1. Berpikirlah seperti pencuri

Coba ambil perspektif dari si pencuri, bayangkan Kamu adalah pelakunya dan targetnya adalah rumahmu sendiri. Dari sini kan Kamu bisa dapat gambaran “oh begini toh caranya”. Dari sudut pandang si pencuri ini nantinya Kamu bisa mengambil langkah preventif yang tepat.

2. Jangan biarkan rumah terlihat kosong

Perlu diingat, ada beberapa pencuri yang tidak gegabah. Mereka akan mengintai target bahkan sampai berminggu-minggu, sementara yang lainnya kalau ada peluang ya langsung main sikat.

Untuk mengantisipasinya, Kamu bisa mengkondisikan seolah-olah rumahmu ada penghuninya walaupun Kamu sekeluarga sedang bepergian. Kamu bisa menyalakan lampu, meletakkan sandal di depan rumah dan sebagainya, yang penting kesannya ada orang di dalam rumah.

3. Perkuat pintu dan jendela

Sudah tentu menggunakan kunci, pintu dan jendela yang berkualitas akan semakin susah dijebol dan otomatis meningkatkan keamanan rumah Kamu. Kamu juga bisa menggunakan kunci pintar yang bisa dikontrol lewat aplikasi, jadi kalau kunci pintunya dirusak oleh seseorang Kamu bisa langsung tahu kejadian tersebut lewat hape.

Kamu juga bisa menambahkan peralatan canggih lainnya sebagai tindakan ekstra, seperti CCTV, kamera bel pintu, dan juga alarm.

4. Gunakan anjing penjaga

Nah ini, Anjing menggonggong adalah pencegahan yang sangat efektif lho. Suaranya yang keras bisa menarik perhatian warga sekitar, ditambah lagi kalau menggigit, waduh sakit euy. Terlebih kalau anjingnya terlatih, makin joss kan jadinya.

5. Hindari tanaman berukuran besar dan tinggi di halaman rumah

Hindari pagar besar dan semak yang lebih besar lantaran halaman ini akan dipenuhi tempat persembunyian yang tentu saja menjadi favorit dari si pencuri. Pilihlah tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar dan tinggi sehingga Kamu bisa memantai setiap bagian rumah dengan lebih jelas.

6. Gunakan pengatur waktu pencahayaan

Ada baiknya Kamu menyiapkan pengatur waktu pencahayaan apabila rumah sering kosong karena Kamu sering bepergian. Seperti yang disebutkan tadi, Kamu bisa lebih mudah untuk membuat rumahmu terkesan ada penghuninya walaupun aslinya kosong.

Dengan peralatan pintar Kamu bisa mengontrol pencahayaan rumahmu lewat aplikasi di hapemu.

7. Lakukan tindakan pencegahan

Pencegahan adalah langkah yang terbaik. Hal-hal yang bisa Kamu lakukan antara lain adalah Kamu tidak perlu ngasih pengumuman di medsos kalau Kamu mau bepergian, amankan dan jauhkan barang-barang berharga di rumah dari pandangan, sembunyikan atau kunci tempat sampah, bisa di garasi atau di gubuk sampah khusus, simpanlah mobilmu di garasi.

Dengan begitu kan pencuri yang mengintai dan mempelajari jadwal Kamu jadi kesulitan untuk mengetahui Kamu lagi ada di rumah atau tidak.


Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *