Slip gaji adalah bukti pembayaran upah dari perusahaan. Slip gaji ini juga diperlukan kalau Kamu mau mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Fungsinya biar pihak bank itu tahu kesanggupanmu dalam melunasi pinjaman.

Dan asal Kamu tahu aja, ternyata tidak jarang calon nasabah KPR memanipulasi slip gajinya. Tujuannya ya tidak lain tidak bukan supaya pengajuan KPR-nya bisa lolos. Awas, hati-hati, jangan anggap enteng perihal manipulasi gaji ini, bisa-bisa terjerat hukum lho!

4 Risiko Manipulasi Slip Gaji untuk KPR

1. Kredit Macet

Perlu diketahui bahwasanya bunga KPR terus bergerak fluktuatif bahkan cenderung cepat naik. Kalau Kamu memanipulasi slip gajimu dengan menaikkan nominalnya ya bisa ditebak, Kamu akan kesulitan dalam mengontrol dana dan terjadilah non performing loan (NPL) alias kredit macet.

2. KPR Dicabut

KPR rumah subsidi tentu menggiurkan, tetapi tidak semua orang bisa mengajukan KPR rumah subsidi. Sesuai Kepmen PUPR No. 242/KPTS/M/2020 tentang Batasan Penghasilan Kelompok Sasaran, Besaran Suku Bunga, Lama Masa Subsidi, dan Jangka Waktu Kredit Pemilikan KPR Bersubsidi. Batas maksimal gaji penerima KPR rumah subsidi adalah Rp 8 juta.

Semisal gaji Kamu lebih dari Rp 8 juta/ bulan tapi nekat memanipulasi slip gaji dengan mengurangi nominalnya. Awas hati-hati, bila ketahuan di tengah jalan tentu KPR-nya bakalan langsung dicabut.

3. Dijerat Pidana

Nah ini, pihak bank bisa lho melaporkan Kamu ke Polisi atas tuduhan penipuan lantaran Kamu sudah memalsukan data KPR. Hal ini karena syarat, dokumen, dan perjanjian ketika akad kredit tidak sesuai.

Kamu bisa dijerat dengan pasal 263 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan surat dengan hukuman penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp50 juta.

Tapi kalau ternyata dalam urusan manipulasi gaji Kamu bekerja sama dengan pihak developer maka risikonya bisa lebih besar lagi.

4. DP Hangus dan Kehilangan Rumah

Konsekuensi lainnya adalah cicilan dan uang muka atau down payment akan hilang alias hangus. Hal ini pastinya sangat merugikan Kamu. Dan skenario paling buruknya adalah Kamu berpotensi kehilangan rumah yang telah dicicil sebelumnya.

Jadi hati-hati ya, jangan sekali-kali mencoba untuk memanipulasi slip gaji, bisa bahaya itu.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *