Yang namanya rumah minimalis tentu semuanya serba terbatas karena memang rumah dengan konsep minimalis berdiri di atas lahan yang tidak begitu luas.

Wajar aja Kamu sebagai pemilik rumah kesulitan dalam urusan penataan ruangan karena keterbatasan lahan ini. Tapi tenang aja, Kamu tetep bisa kok menciptakan kesan ruangan yang lebih lega dari seharusnya.

Cara Menata Ruang Tamu Mungil

1. Gunakan Cermin dan Kertas Dinding

Ruangan yang terbatas dan bahkan tanpa jendela tentu bakalan bikin ruangan jadi terasa sangat sempit dan pengap. Solusinya adalah Kamu bisa menambahkan cermin dan kertas dinding (wallpaper) supaya intensitas cahaya bertambah sehingga memberikan ilusi ruang agar tampak lebih besar.

2. Love Seat

Selanjutnya, Kamu bisa meletakkan sofa untuk 2 orang (love seat) di depan permukaan yang sudah dilapisi kertas dinding tadi. Tambahkan meja kecil beserta lampu meja di kedua sisi sofa. Oh ya, Jika memungkinkan, Kamu bisa menggunakan kursi ottoman sebagai meja kopi dan satu atau dua kursi berukuran kecil.

3. Gunakan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Walaupun ukurannya terbatas, ruang penyimpanan tetap diperlukan supaya barang-barang yang menumpuk bisa diminimalisir. Kamu bisa memakai meja kopi dari peti antik atau menambahkan kredensa yang bisa menyimpan jauh lebih banyak barang ketimbang meja konsol.

4. Gunakan Furnitur Kecil

Menggunakan furnitur yang berukuran kecil tentu dapat membuat ruang tamu jadi terkesan lebih lega. Tapi ingat, apabila ukuran furnitur terlalu kecil malah justru bisa bikin ruangan jadi terlihat aneh.

Pastikan saja furnitur yang Kamu pilih ukurannya pas, gak kecil tapi juga gak gede. Usahakan bentuknya juga tidak terlalu tebal seperti sofa pada umumnya. Kamu bisa menggunakan kursi yang menyatu dengan bagian bawah jendela, daybed, atau armchair.

5. Furnitur Tembus Pandang

Menggunakan furnitur tembus pandang tentu juga bisa jadi alternatif furnitur berukuran mungil soalnya bisa bikin ruangan tampak lapang. Selanjutnya, tambahkan selimut atau bantal untuk membuat interior terkesan hangat.

6. Tambahkan Tanaman Hias

Tanaman hias juga penting karena dapat menciptakan suasana yang sejuk, segar, dan asri pada ruangan. Ditambah lagi tanaman hias juga berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk, penyerap polutan, hingga pembersih ruangan.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *