Masyarakat memiliki kecenderungan untuk membeli produk elektronik yang baru dan membuang produk elektronik yang lama. Alhasil, jumlah limbah elektronik semakin meningkat, dan limbah elektronik ini apabila tidak dikelola dengan baik bisa merusak lingkungan dan akhirnya merugikan Kita sendiri lho.

Bahaya Sampah Elektronik

Jika tidak segera diuraikan, limbah elektronik bisa menyebabkan lingkungan terpapar polusi. Jika dibakar, asapnya bisa bikin polusi udara lantaran kabel yang dibakar melepaskan hidrokarbon di atmosfer, pada air pun juga berbahaya lantaran limbah elektronik mengandung merkuri.

Ditambah lagi e-waste juga bisa bikin polusi tanah lantaran logam berat yang ada di dalam elektronik diserap oleh tanaman dari tanah.

Lha terus bijimane dong ? Tenangkan aja kisanak, tak usah cemas. Kita ada beberapa tipsnya, cekidot skuy!

1. Jual

Cara pertama ya dijual, kalau masih berfungsi dengan baik kan masih bisa dijual. Walaupun harganya turun ya gapapa lah, toh mendingan daripada dibuang gak ada duitnya sama sekali.

2. Donasikan

Cara selanjutnya adalah donasikan, shadaqah. Semisal Kamu punya laptop atau hape baru kan gak ada salahnya laptop atau hape yang lama Kamu donasikan kepada orang yang membutuhkan, itung-itung amal jariyah. Eits, tapi ingat, semua data pribadi harus Kamu hapus dulu ya.

Oh ya, fyi soal donasigadget yang aman, kamu bisa melihat panduan Environmental Protection Agency (EPA).

3. Perawatan

Cara berikutnya adalah dengan merawat barang elektronik dengan baik. Biar lebih awet jadi gak perlu dibuang, otomatis tidak ada sampah elektronik kan.

4. Simpan Data Online

Dengan menyimpan data secara online otomatis Kamu gak perlu perangkat penyimpanan tambahan. Plus datanya bisa Kamu akses dari mana saja. Biayanya pun murah atau bahkan gratis.

5. Barang Hemat Energi

Memakai barang hemat energi dapat mengurangi beban pada ekstraksi dan penipisan sumber daya energi. Lumayan kan, bisa hemat listrik, mengurangi tagihan, serta menyelamatkan lingkungan, Joss.

6. Memperbaiki Perangkat

Kalau bisa diperbaiki, kenapa tidak. Kamu bisa menghubungi seorang profesional atau kalau mau coba memperbaiki sendiri saat ini sudah banyak tutorialnya di internet.

7. Menyewa Perangkat

Kalau butuh alat elektronik untuk sementara, gak ada salahnya kan menyewa ketimbang membeli. Lebih hemat dan tentunya lebih eco friendly.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *