Beli rumah lewat jalur KPR bukan persoalan gampang, apalagi kalau terkendala sama Bank. Lha terus, biar bisa mengajukan KPR tanpa BI checking gimana dong ?

Jadi gini, syarat yang harus dipenuhi buat KPR itu ada banyak dan faktor penentunya adalah BI checking. BI checking sendiri adalah proses pengecekan data dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang berisi riwayat pinjaman nasabah.

Dan yang kerap menjadi kendala bagi sebagian orang adalah gagal lolos BI checking. Tapi tenang aja, Kamu tetap bisa mengambil KPR tanpa melalui proses tersebut

KPR Tanpa BI Checking Tidak Melibatkan Bank

Yang tidak lolos BI checking biasanya karena memiliki riwayat kredit macet dan di blacklist oleh pihak Bank. Solusinya adalah dengan tanpa melibatkan bank alias KPR non-bank.

Dewasa ini banyak pengembang menyediakan program KPR tanpa BI checking, kebanyakan dari pengembang komunitas syariah. Mereka mencoba menghindari sistem riba sehingga tidak melibatkan bank.

KPR Tanpa BI Checking Berbeda Dengan KPR Syariah

Mungkin sama-sama mengusung jargon Syariah, tetapi KPR syariah dengan KPR syariah non-bank berbeda. Singkatnya, bank syariah dengan program KPR syariah sedangkan pengembang syariah dengan program KPR syariah non-bank.

KPR syariah tetap harus melalui BI checking sedangkan KPR syariah non-bank tidak melalui BI checking, Kamu akan mencicil langsung ke pihak pengembang dan persyaratannya pun ditetapkan oleh pengembang.

Cara Mengikuti Program KPR Tanpa BI Checking

Untuk mengambil KPR non-bank adalah dengan mencari pengembang yang syariah atau dalam komunitas developer syariah. Saat ini lebih mudah mencarinya di internet karena memang pengembang yang syariah sudah banyak.

Tapi ingat, pastikan pengembang tersebut menyediakan program ini karena tidak semua pengembang syariah menyediakan program ini. Dan tanyalah detail pengajuannya.

Biasanya persyaratan KPR non-bank ini sama dengan KPR umum, seperti kartu tanda penduduk (KTP), slip gaji atau laporan omzet, rekening koran, dan persyaratan sesuai ketentuan.

Program KPR non-bank ini prosesnya juga lebih cepat selama kamu memenuhi syarat yang telah ditentukan dan biasanya tidak ada penalti apabila telat membayar.

Permasalahan seperti itu cenderung diselesaikan secara kekeluargaan.

Kekurangan Program KPR Non-bank

Memang kalau ada masalah diselesaikan secara kekeluargaan, tetapi pengembang tetap tidak mau ambil rugi. Maka bisa jadi Kamu harus angkat kaki dan menjual kembali rumah tersebut saat cicilan macet.

KPR jenis ini juga tidak mendapat perlindungan dari asuransi, maka pihak pengembang yang menentukan tanggungan kerugian.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *