Saat ini masyarakat bebas memilih mau pakai listrik prabayar atau pascabayar. Tapi hampir semua rumah baru pasti menggunakan listrik prabayar. Sebenarnya PLN juga lebih merekomendasikan listrik prabayar, tapi kira-kira mana yang lebih hemat ya ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Kita harus tau dulu perbedaannya. Perbedaannya sih sederhana, kalau listrik prabayar itu mirip-mirip kayak beli pulsa hape. Beli vouchernyadulu baru listrik nyala.

Sedangkan listrik pascabayar itu kebalikannya. Kamu bisa pakai listrik sepuasnya baru nanti tiap bulan Kamu membayar tagihan listriknya.

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan dari listrik prabayar diantaranya adalah pemakaian yang terkontrol, mudah disesuaikan dengan pengeluaran bulanan, tidak ada petugas PLN yang memutus listrik gara-gara telat bayar, tidak ada orang ngaku-ngaku petugas PLN yang mau ngecek meteran, tidak ada biaya keterlambatan, serta lebih rahasia lantaran 20 digit nomor listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri.

Kerugiannya dari listrik prabayar diantaranya adalah meterannya lebih sensitif dan mudah rusak serta Kamu gak bisa ngisi voucher listrik pas tengah malem karena gak bisa dipakai mulai dari jam 11 malam sampai jam 2 pagi.

Sedangkan untuk listrik pascabayar, keuntungannya Kamu gak perlu repot-repot isi voucher listrik. Kalau untuk kerugiannya antara lain adalah tagihanmu bisa membengkak, ada denda telat bayar, privasi berkurang lantaran petugas PLN bisa masuk ke rumah, dan rentan terjadinya aksi kriminal yang mengatasnamakan petugas PLN.

Lebih hemat Prabayar atau Pascabayar ?

Mungkin banyak yang mengira listrik pascabayar lebih murah dari listrik prabayar. Tapi kenyataan, yo sama aja gak ada bedanya. Sekali lagi, bedanya cuma pada skema pembayarannya aja, sedangkan untuk tarif, potongan, biaya administrasi, semuanya sama aja.

Misal, pelanggan listrik prabayar golongan R-1 900 VA tarif listriknya Rp 1.325/kWh (kilo Watt Hour). Sedangkan biaya abodemen listrik pasca bayar untuk golongan R-1 900 VA tarifnya juga sama Rp 1.325/kWh.

Biaya administrasi dan pajak penerangan jalan (PPJ) juga akan dikenakan baik itu ketika sedang membeli voucher listrik pulsa, atau ketika membayar tagihan di akhir bulan.

Jadi kesimpulannya, yo sama aja. Mau boros mau hemat, mau mahal mau murah, ya tergantung Kitanya. Begitulah kira-kira wahai sahabat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *