KPR Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat adalah program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan perumahan murah. Salah satu target pasar Tapera adalah para ASN.

“Pada proyek inisiasi ini, kami menargetkan ada 11,000 unit rumah yang dibiayai oleh KPR Tapera. Untuk tahap pertama, proyek inisiasi akan ditujukan bagi peserta awal BP Tapera yakni para ASN” ujar Adi Setianto selaku Komisioner BP Tapera.

Nah, ada sejumlah fakta menarik nih tentang program Tapera buat ASN ini, cekidot skuy:

1. Harga Rumah yang Bisa Dimiliki Maksimal Rp292 Juta

Ada beberapa persyaratan bagi ASN atau PNS yang mau mengajukan KPR Tapera ini, salah satunya tentu harus belum punya rumah dong, serta harus menjadi peserta aktif Tapera dan lancar membayar simpanan peserta selama 12 bulan. Harga rumah yang boleh dimiliki berkisar dari Rp 112 jutaan hingga Rp 292 jutaan.

2. Bunga Flat Hingga 30 Tahun 

Soal skema pembiayaan dan besaran bunganya bermacam-macam, dibagi sesuai kelompok penghasilan. Menurut Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo, ada 3 skema pembiayaan KPR Tapera sesuai kelompok penghasilan tersebut.

Kelompok Penghasilan I dengan penghasilan kurang dari Rp 4 juta akan memperoleh suku bunga KPR sebesar 5% tetap selama 30 tahun. Kelompok Penghasilan II dengan penghasilan antara Rp4 juta sampai Rp6 juta, mendapat suku bunga yang ditetapkan senilai 6% dengan tenor sampai 20 tahun.

Sedangkan kelompok penghasilan III dengan penghasilan antara Rp6 juta sampai Rp8 juta dapat mengakses KPR dengan bunga 7% tetap selama 20 tahun.

Dalam memperoleh akses KPR Tapera, tentunya harus memenuhi ketentuan dan persyaratan pembiayaan Tapera, termasuk peserta dalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

3. Lokasi Perumahan KPR Tapera 

Untuk tahap perdana KPR Tapera ini, Perum Perumnas akan menyiapkan proyek perumahan dengan nama Samesta Pesawaran Residence yang berlokasi di Lampung .

Menurut Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro, rumahnya tidak sekedar murah, ia juga memastikan rumah ini memiliki nilai tambah untuk menjunjang kehidupan sehari-hari.

Nantinya perumahan ini juga berkonsep hunian berbasis TOD yang terintegrasi langsung dengan transportasi massal.

Setelah itu akan ada lagi proyek-proyek lainnya seperti Samesta Griya Martubung Medan, Samesta Dramaga Bogor, Samesta Pasadana Bandung, dan lainnya.

Disadur dari rumah123.com

Categories: Peraturan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *