Pasti bau septic tank itu mengganggu kenyamanan. Bayangin aja lagi enak-enaknya makan tiba-tiba kecium bau septic tank, hahaha. Belum lagi mengundang lalat yang pastinya bawa penyakit, hadeuh.

Kamu tak perlu khawatir, ada cara mengatasi bau septic tank yang sangat mudah dan bisa dilakukan secara alami. Biar lebih jelas, cekidot skuy ulasan berikut ini!

Penyebab Septic Tank Bau

Septic tank berfungsi untuk menampung atau mengolah air limbah rumah tangga yang ada di dalam tanah. Setiap hari septic tank menerima banyak limbah salah satunya adalah…ya tau sendirikan hehe.

Limbah yang ada di dalam septic tank akan diurai oleh bakteri dan menjadi gas. Gas itulah yang bisa menjadi penyebab munculnya bau septic tank. Gas tersebut bisa tercium penyebabnya bisa beragam, bisa karena septic tanknya penuh atau karena ada masalah pada septic tank, terjadi penyumbatan dalam saluran pipa misalnya.

4 Cara Mengatasi Bau Septic Tank

1. Cara Alami

Cara menetralisir bau septic tank relatif cukup gampang. Melansir dari Cameron Septic Services, Kamu bisa menuangkan satu cangkir soda kue ke saluran pembuangan. Lakukan seminggu sekali untuk membantu mempertahankan tingkat pH.

Tapi ingat, jangan berlebihan nanti malah soda kuenya membludak dan limbahnya malah ikutan keluar. Cara ini sudah terbukti ampuh dalam beberapa kasus lho.

2. Bahan Kimia

Selain soda kue, Kamu juga bisa menggunakan bahan kimia yang bisa Kamu beli di pasaran. Beberapa produk berupa mikroba probiotik untuk pengolahan limbah untuk menguras septic tank penuh tanpa sedot. Untuk cara pemakaiannya tinggal lakukan sesuai petunjuk pemakaiannya ya guys.

3. Sedot WC

Jasa tukang sedot WC adalah solusi, terutama jika septic tanknya sudah penuh. Biaya sedot WC per meter kubiknya antara Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu.

Cara supaya Kamu bisa tahu septic tanknya sudah penuh atau belum itu gampang. Tinggal Kamu guyur klosetnya dan kalau air masuk dengan lancar berarti belum penuh, tapi kalau ternyata airnya malah menguap ke permukaan, nah itu tandanya sudah penuh.

4. Cek Ventilasi

Dalam pembuatan septic tank, pasti dilengkapi saluran udara untuk aliran oksigen bagi bakteri dan mengeluarkan gas, singkatnya adalah ventilasi. Jika ventilasi ini tersumbat maka bisa membuat gas saluran pembuangan menguap dan tercium di kamar mandi atau saluran pembuangan lainnya.

Oh iya, hati-hati lho kalau mengecek ventilasi ini, soalnya terdapat gas metana yang beracun dan berpotensi meledak.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *