Rumah adalah kebutuhan pokok dan perlu usaha khusus untuk memilikinya. Dan punya rumah di usia muda itu bukan hal yang impossible lho, tapi memang butuh kesiapan dan pertimbangan matang untuk merealisasikannya.

Wajar sih kalau anak muda sekarang pada pesimis lantaran bunga kredit KPR yang tinggi dan sulitnya cari kerja dengan pendapatan yang layak.

Tapi tenang saja wahai saudaraku, rasa pesimismu bisa menjadi rasa percaya diri dengan menerapkan sejumlah tips berikut ini. Cekidot skuy!

1. Rencanakan Sedini Mungkin

Harus direncanakan, gak bisa asal-asalan. Rencanakanlah sedini mungkin lantaran umumnya batas pelunasan KPR maksimal yaitu 55 tahun. Jadi, semisal tenor paling panjang adalah 20 tahun, maka usia maksimal Kamu mengajukan KPR adalah 35 tahun. Baru setelah perencanaanmu matang mulailah cari lokasi yang terbaik dengan harga yang cocok.

2. Komitmen Menabung

Menyisihkan uang dari penghasilan untuk ditabung hukumnya wajib. Kamu harus bisa menentukan skala prioritas, sekiranya gak perlu ya gak usah. Sisihkan sepertiga atau 30 persen dari penghasilan tiap bulan untuk ditabung.

3. Rekening Khusus

Kalau perlu bikin rekening khusus untuk menabung. Biar tidak tercampur atau terpakai dengan kebutuhan lain. Menjaga tabungan dari diri sendiri itu juga faktor penting untuk kesuksesan menggapai rumah impian.

4. Melunasi Utang

Kalau Kamu masih punya utang, mending bayar dulu. Hal ini penting supaya tidak mengganggu kondisi keuanganmu kedepannya. Tapi kalau terlanjur sudah punya cicilan, usahakan untuk segera melunasinya dan jangan nambah cicilan lainnya lagi, nanti ndase mumet.

5. Penghasilan Tambahan

Salah satu solusi lainnya adalah mencari pekerjaan sampingan yang tidak menganggu pekerjaan utama. Apalagi kalau gajinya pas-pasan, mulailah cari penghasilan tambahan. Jaman sekarang Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan secara online lho.

6. Memilih Kredit yang Tepat

Pastikan bank yang Kamu pilih menawarkan bunga KPR yang rendah. Banyak bank yang menawarkan layanan KPR dengan bunga yang kompetitif sehingga Kamu harus pintar-pintar dalam memilih KPR. Jangan ragu untuk melakukan perbandingan antar bank yang satu dengan yang lainnya.

Demikianlah wahai saudaraku, semoga bermanfaat. Ciao!

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *