Beli properti buat investasi pastinya cukup menarik, baik itu komersial maupun residensial. Sebelum sepenuhnya menyelam untuk berinvestasi di dunia properti ada banyak detail yang harus dipertimbangkan.

Penting untuk diingat soal prinsip dasar investasi. Kamu harus siap meluangkan segalanya baik waktu, uang, dan bahkan keringat untuk memaksimalkan investasimu.

Memang, pasti akan ada tantangan yang harus dihadapi dan itu tidak selalu mudah. Tapi tenang aja, Kita ada nih 3 tips yang harus Kamu pertimbangkan sebelum membeli properti buat investasi, cekidot skuy!

1. Beri penilaian yang jujur

Menjadi tuan tanah itu bukan pekerjaan yang mudah lho. Cobalah Kamu untuk merenungkan lebih dalam tentang hal-hal yang diperlukan sebagai seorang tuan tanah.

Beberapa investor baru tidak pernah berpikir panjang soal tanggung menjadi seorang tuan tanah. Dalam skema besar, memilih warna cat dinding atau peralatan apa saja yang diletakkan di dapur akan menjadi hal-hal termudah.

Memikirkan bagaimana caranya menangani penyewa yang bandel seperti penyewa yang telat bayar atau malah sengaja gak mau bayar misalnya. Menangani penyewa yang terus-terusan melanggar perjanjian sewa adalah hal yang perlu Kamu pertimbangkan dalam dunia investasi properti.

Ingat, Kamu adalah orang yang ramah dan pengertian, Kamu harus belajar untuk tidak terbawa emosi dalam mengambil sejumlah keputusan yang sulit supaya kedepannya Kamu bisa mendapatkan kesuksesan.

2. Lakukan Riset

Kamu harus melakukan riset sebelum Kamu mengeluarkan uang. Riset atau pengecekan itu penting, kalau tidak dilakukan bisa-bisa malah boncos.

Misalnya, Kamu mau beli properti, tapi setelah Kamu cek ternyata bagian interior harus membutuhkan banyak sekali perbaikan. Coba kalau gak Kamu cek, bisa-bisa keluar duit banyak buat renovasi kan. Intinya jangan asal setuju, gitu aja.

Investor yang baik tahu apa yang mereka hadapi sebelum menandatangani nama mereka pada ikatan hukum apa pun dokumen, perlu buat Kamu untuk mengetahui seluk beluk properti sebelum Kamu resmi membubuhkan tanda tanganmu pada dokumen.

3. Jangan Lupa Soal Pemasaran

Menemukan properti yang cocok adalah yang utama, tapi jangan lupa Kamu juga butuh penyewa untuk mendapatkan keuntungan. Ada baiknya Kamu menyewa agen pemasaran untuk memasarkan propertimu. Pikirkan tentang media yang bisa Kamu lakukan untuk memasarkan propertimu, baik online ataupun offline. Apa aja yang penting halal.

Demikianlah tips-tips dari Kami, semoga bermanfaat. Adios!

Disadur dari liputan6.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *