Kondisi tembok yang terus mengelupas tentu sangat menjengkelkan karena sangat berpengaruh terhadap tampilan hunian. Apalagi rumah yang baru selesai dibangun, belum apa-apa kok cat temboknya sudah nglothok, kan marai emosi gitu lho. Apalagi kalau Kamu berbisnis properti, bisa-bisa customer gak jadi beli.

Tapi tenang aja, disini Kita ada ulasan tentang penyebab-penyebab cat dinding mengelupas biar nanti Kamu bisa mengantisipasinya. Cekidot skuy!

Penyebab Tembok Mengelupas

1. Permukaan Dinding Kotor dan Berminyak

Pastikan tembok atau dinding sudah bersih sebelum Kamu kasih cat dasar dan juga cat akhir lantaran permukaan tembok yang kotor dan berminyak memang riskan terjadi pengelupasan.

2. Tidak Membersihkan Sisa Cat Lama

Pastikan lapisan yang lama sudah Kamu bersihkan sebelum Kamu menggunakan cat yang baru lantaran melapisi cat lama yang tidak berkualitas baik dengan cat yang baru memang bisa bikin catnya mengelupas.

Kan yo eman-eman gitu lho sudah repot-repot mengecat ulang eh ternyata malah mengelupas, warnanya juga beda lagi, hadeuh.

3. Cat Terlalu Encer

Biasanya cat akan dicampur dengan thinner atau cat waterbase supaya catnya tidak terlalu kental. Tapi kalau mencampurnya tidak dilakukan dengan benar akan membuatnya catnya menjadi terlalu encer. Alhasil catnya akan mengelupas nantinya.

4. Cat Dasar dan Cat Akhir Tidak Cocok

Kalau Kamu ingin menggunakan cat dasar dan cat akhir sebaiknya Kamu cari tahu dulu mana cat dasar dan cat akhir yang cocok. Soalnya kalau keduanya tidak cocok nanti bisa memicu pengelupasan cat lho.

Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengetahui cocok tidaknya cat dasar dan cat akhir. Kamu tinggal cari aja yang mereknya sama, ya mosok mereknya sama gak cocok, kan wagu.

5. Dempul Berkualitas Rendah

Biasanya ada bagian tembok yang harus didempul, penyebabnya pun beragam apalagi kalau rumahmu sudah tua. Sebelum dicat bagian tersebut akan ditutup dengan dempul, compound, atau lapisan semen.

Cat dinding bisa mengelupas lantaran daya lekat dempul yang kurang kuat bisa membuat dempul ikut terangkat ketika Kamu sedang mengecatnya. Selesai aja belum udah mengelupas, yassalam.

6. Kualitas Cat yang Buruk

Cat tembok bisa mengelupas lantaran memang kualitas dari cat tersebut yang jelek, hal tersebut berkaitan dengan konsentrasi resin yang ada di dalam cat.

Ingat kata pepatah ada harga ada kualitas, jadi jangan ragu membeli cat yang berkualitas walaupun harganya sedikit lebih mahal. Toh kalau kualitasnya bagus tidak mudah mengelupas dan kalau hujan air juga tidak merembes masuk.

Seperti itulah tips dari Kami teman-teman, semoga bermanfaat.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *