Properti merupakan salah satu investasi yang menjanjikan. Wajar aja, harga properti yang dari tahun ke tahun semakin tinggi tentu membuat properti menjadi aset yang menguntungkan.

Sayangnya sih, buat para kaum millenial sendiri ternyata investasi macam ini kurang menarik buat mereka. Mereka enggan berinvestasi di properti karena menganggap kalau berinvestasi di properti butuh duit yang banyak. Padahal kan gak begitu juga lho.

Lha terus, bijimane caranya supaya para generasi millenial bisa berinvestasi tanpa modal yang besar ? Nah, untuk lebih jelasnya cek artikel berikut ini!

1. Uang muka

Hal paling penting yang harus disiapkan oleh generasi millenial adalah uang muka alias down payment (DP). DP rumah maupun apartemen relatif murah sehingga Kamu tidak perlu biaya yang besar.

Jaman sekarang tidak sedikit pengembang properti yang menawarkan dp rumah murah, bahkan sampai ada juga lho yang menawarkan dp 0%, wow.

Tapi ingat, kalau DP-nya makin tinggi maka cicilan perbulannya makin ringan, begitu juga sebaliknya kalau DP-nya makin rendah, maka cicilan perbulannya makin berat.

“Uang muka kemudahannya sudah banyak, 5-10 persen sudah bisa untuk DP. Kemudian kita bisa mengalokasikan dana maksimal 30 persen untuk berinvestasi,” ujar Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI dalam diskusi virtual, Senin (26/1/2021).

2. Senang-senangnya dikurangi dikit

Handayani melanjutkan, tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh semua orang, tidak terkecuali generasi millenial tentunya. Maka, generasi millenial perlu untuk mengatur keuangan mereka lebih bijak lagi.

Misalnya gini, dalam 1 bulan Kamu punya budget Rp 3 juta buat happy-happy, uang tersebut bisa banget lho dialokasikan untuk membeli properti dengan range harga Rp 200 – Rp 300 juta. Jadi, kurang-kurangi dikitlah kegiatan senang-senang yang gak begitu penting.

“Kalau kita hitung lagi, dalam 10 tahun ke depan harganya bisa naik 5-6 kali lipat. Kalau kita nggak sediain (uangnya), 10 tahun lagi kita gak akan kejar (beli hunian).” ujar dia.

3. Properti adalah investasi yang menjanjikan

Handayani juga berpesan agar para millenial tidak takut lagi untuk segera membeli properti. Ketika penghasilannya sudah cukup, mulailah mengalokasikan uang untuk membeli properti.

“Properti itu salah satu tempat kita tinggal, kita bisa wariskan juga, kemudian memiliki nilai yang terus bertambah,” pungkasnya.

Disadur dari kaltim.idntimes.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *