Belum punya rencana buat beli rumah ? Atau mungkin Kamu masih nabung ? Tenang aja, sementara ini Kamu tetap bisa memilih opsi sewa rumah alias ngontrak. Tetapi ingat, jangan asal-asalan biar Kamu gak menyesal di kemudian hari.

Mekanisme sewa rumah gak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, entah itu dari sisi keuangan, kenyamanan, dan lain sebagainya. Ada baiknya Kamu survei dulu rumah yang hendak disewa, setelah itu baru merencanakan hal-hal yang dirasa penting.

Untuk lebih jelasnya, simak tips-tips ciamik berikut ini!

1. Riset Rumah dan Lokasi

Hal pertama yang musti Kamu lakukan tentunya adalah riset rumah yang mau disewa. Bisa offline atau online lewat marketplace, perhatikan poin-poin yang dirasa penting, misalnya seperti soal harga di area yang dikunjungi.

Dengan begitu Kamu bisa membandingkan harga sewa rumah di satu kawasan dengan kawasan lainnya. Tentunya beda dong harga sewa rumah di kawasan tengah kota dengan kawasan pinggiran.

2. Perencanaan yang Matang

Setelah itu lakukan perencanaan yang matang. Jangan sampai ketika perjanjian sewa rumah telah dilakukan eh malah Kamunya berhenti di tengah jalan, nanti reputasimu jadi jelek di mata penyewa.

3. Periksa Kondisi Rumah

Mengecek kondisi rumah sangatlah penting karena demi keberlangsungan hidupmu juga kan. Mula-mula pastikan dulu soal ketersediaan air bersih, baru kemudian struktur bangunan seperti dinding rumah, plafon, interior hingga eksterior rumah.

4. Sepakati Biaya Sewa Rumah

Sistem sewa biasanya menerapkan sistem bulanan atau tahunan. Jika memungkinkan pilihlah sistem yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Ada baiknya juga jika Kamu paham cara penghitungan yang tepat supaya terhindar dari penipuan.

Rumus yang digunakan yaitu, harga properti x capitalization rate. Rata-rata capitalization rate sewa rumah ada di kisaran 3-5 persen tiap tahunnya.

Sebagai contoh begini, misal capitalization rate 5 persen dan harga rumah adalah Rp 500 juta. Maka, harga sewa yakni 5 persen x 500 juta = Rp25 juta per tahun

5.Bayar Uang Sewa Tepat Waktu

Nah, ini juga penting. Biasakan untuk membayar sewa tepat waktu jangan sampai nunggak. Apapun metodenya baik secara transfer bank atau tunai pokoknya jangan sampai telat. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran, karena akan berguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Berikan Informasi Secukupnya Kepada Pemilik Rumah

Tentunya hubungan yang baik sangat penting, terutama kepada pemilik rumah. Bila perlu, sampaikan perihak siapa saja yang tinggal di rumah yang Kamu sewa, begitu juga kepada para tetangga.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *