Pada tahun 2019 kemarin kan sempet rame pemberitaan soal surat wasiat Prabowo yang menyebutkan bentuk bahwa ia akan meninggalkan harta yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat luas.

Waktu itu blio lagi mencalonkan diri dalam laga pilpres bersama dengan pasangan Sandiaga Uno.

Nah sekarang coba Kita pikirkan, untuk masyarakat sendiri, seberapa pentingnya sih bikin surat wasiat buat keluarga ?

Membuat surat wasiat itu penting

Fyi, harus diketahui bahwa surat wasiat biasanya berisi siapa saja yang berhak menerima harta warisan apabila si pewasiat meninggal dunia.

Harta yang dimiliki Prabowo sendiri cukup banyak hasil dari karirnya di bidang militer, politik, hingga bisnis. Jadi maklum kalau Prabowo membuat surat wasiat lantaran harta warisannya bisa bikin perpecahan.

Tapi surat wasiat gak cuma buat orang berduit lho ya, siapapun boleh membuat surat wasiat agar harta warisannya tidak menimbulkan masalah sepeninggalannya.

Surat wasiat bukanlah hal yang tabu

Mungkin sebagian orang menganggap kalau membahas surat wasiat adalah sesuatu yang tabu, seakan-akan mengharapkan orang mati, pamali euy. Padahal, sebenarnya surat wasiat bisa mempermudah soal pembagian harta warisan lho.

Surat wasiat sendiri juga ada dasar hukumnya yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) beserta hukum lain yang terkait, termasuk hukum Islam dan hukum adat.

Tanpa surat wasiat, bisa muncul sengketa

Dengan surat wasiat maka pembagian harta akan lebih jelas dan adil sesuai kuasa dari si pewasiat. Kalau tidak ada surat wasiat, akan memicu persengketaan karena pembagian hartanya tidak merata.

Misalnya begini, sepasang suami istri meninggal dunia dan meninggalkan sebuah rumah dengan luas 500 m2. Mereka juga telah memiliki dua orang anak yang usianya sudah cukup dewasa.

Tanpa surat wasiat, tidak ada pembagian harta tersebut secara legal. Yang ada malah kedua orang anak tersebut bisa saling rebutan. Dengan adanya surat wasiat, peninggalan berupa harta dan lainya dapat dibagikan sesuai amanat, jadi persengketaan soal harta warisan bisa diantisipasi.

Sekali lagi, jangan dikira membuat surat wasiat adalah sesuatu yang tabu. Ngomongin surat wasiat bukan mendoakan orang biar cepet mati jadi tenang aja. Surat wasiat itu banyak manfaatnya kok, jadi jangan ragu untuk menulis surat wasiat dengan bijak, OK.

Disadur dari artikel.rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *