Salah satu logam yang tampilannya sangat mengkilap adalah krom, krom ini biasanya bisa ditemukan di perlengkapan kamar mandi atau mobil vintage. Krom memiliki berbagai macam manfaat seperti membuat bahan logam menjadi tahan karat, tahan lama serta semakin estetis.

Nah, soal seberapa seringnya membersihkan peralatan yang berlapis krom sebenarnya tergantung di mana ia digunakan. Misal, barang-barang dekoratif hanya perlu dibersihkan sesekali saja.

Sedangkan perlengkapan kamar mandi dan dapur maksimal seminggu sekali tetapi kalau Kamu ingin mempertahankan kilaunya maka Kamu harus membersihkannya setiap hari.

Salah satu keunggulan krom ini adalah mudah dibersihkan dan dirawat tanpa harus menggunakan bahan-bahan yang ribet tapi susah didapatkan.

Beberapa produk yang bisa Kamu pakai diantaranya adalah cairan pencuci piring, cairan pembersih serbaguna, cuka, soda kua, air destilasi dan aluminium foil.

Pemeliharaan Rutin

Kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk pemeliharaan rutin. Tinggal campurkan satu ember air hangat dengan satu sendok the sabun. Masukkan kain lembut ke dalam larutan. Peras kain hingga tak ada air yang menetes terus tinggal dilap aja peralatan berlapis krom Kamu.

Kamu bisa pakai sikat gigi bekas yang lembut untuk membersihkan celah-celah sempit. Kalau kotoran yang menempel seperti pasta gigi misalnya, Kamu bisa menaburkan sedikit soda kue kering lalu sikat dengan sikat gigi bekas tadi.

Untuk membilas sisa sabunnya gunakan spons basah dan keringkan dengan kain mikro fiber.

Bersihkan Noda Membandel

Kalau Kamu menemukan noda yang membandel, Kamu bisa menggunakan campuran air biasa dengan cuka dengan perbandingan 1:1. Celupkan spons atau sikat gigi ke dalam larutan cuka dan bersihkan peralatan yang diinginkan.

Jika ternyata larutan encer tidak dapat menghilangkan noda, gunakan cuka murni. Gosok perlahan dan diamkan supaya cuka memiliki waktu untuk memecah endapan mineral. Bilas dengan air biasa dan keringkan peralatan dengan kain mikrofiber.

Menghilangkan Karat

Bagaimana kalau muncul karat ? Tenang aja guys, Kamu bisa menggunakan alumunium foil untuk membantu mengembalikan peralatan jadi kinclong kembali.

Remukkan aluminium foil dan bentuk seperti bola, kemudian celupkan aluminium foil ke dalam larutan air sabun hangat dan gosok perlahan di atas daerah yang berkarat tersebut.

Oh ya, pastikan aluminium foil dan daerah yang dibersihkan dalam keadaan basah. Jika aluminium foil mulai berubah warna atau sobek, buang dan ganti yang baru. Digosok sampai bersih ya, setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *