Pada dasarnya membersihkan lantai rumah adalah kegiatan yang mudah-mudah saja, tinggal disapu dan dipel, apa susahnya. Tapi beda lagi ceritanya kalau lantai rumahmu terbuat dari vinil.

Vinil terbuat dari lembaran, dan juga polyvinyl chloride (PVC). Karena itulah untuk membersihkan vinil perlu cara khusus. Tapi tenang aja guys, Kita ada nih 7 tips untuk membersihkan dan merawat lantai vinil, cekidot skuy!

1. Bersihkan vinil dengan penyedot debu

Debu dan kotoran yang ada di permukaan vinil bisa Kamu tinggal disapu atau disedot dengan penyedot debu. Jangan lupa membersihkan debu yang ada di sela-sela vinil. Kalau ada debu yang menempel tinggal digosok saja. Usahakan untuk mengatur sedotan penyedot debu agar tidak terlalu kencang sehingga merusak lantai vinil.

2. Mengepel Lantai

Setelah debunya bersih, barulah Kamu pel lantai vinil dengan cairan pembersih. Gunakan detergen yang aman dan tidak merusak vinil. Detergen pembersih yang lembut akan membersihkan vinil secara sempurna tanpa menyebabkan kerusakan.

Jangan menggunakan detergen dengan kandungan yang keras, misalnya seperti cairan pembersih yang biasa dipakai untuk membersihkan kerak dan kotoran di kamar.

Kamu mesti paham bahwa bahan atau material vinil tentu berbeda dengan material lantai seperti marmer atau keramik, karena itulah Kamu harus memakai cairan yang khusus dan aman.

Lakukan pengepelan secara perlahan. Kamu harus membilasnya sesering mungkin, supaya kotoran lantai vinil tidak menyebar ke mana-mana dan agar alat pel juga tidak basah.

Setelah dipel jangan lupa untuk langsung dikeringkan karena lantai vinil yang basah bisa berakibat buruk. Gak cuman bisa bikin kepleset tapi juga karena berisiko merusak material lantai vinil itu sendiri. Untuk mengeringkannya Kamu bisa pakai lap pel kering, kipas angin atau dengan udara luar jendela.

3. Bersihkan noda membandel

Kalau ada noda yang membandel, gunakan larutan cairan cuka dan bubuk baking soda untuk membersihkannya. Keduanya ampuh mengangkat kotoran membandel, terutama noda makanan seperti bekas saos, kecap dan lainnya.

Ditambah lagi cuka dan baking soda bisa menghilangkan warna kusam dan bikin lantai vinil jadi mengkilap kembali. Sedangkan noda-noda seperti lipstik dan tinta Kamu bisa menggunakan kain mikrofiber yang sudah dicampur dengan alkohol.

4. Jangan Gunakan sikat

Setelah bersih tentunya harus dirawat dong. Kamu jangan menempelkan barang apa pun yang bisa merusak lantai vinil, seperti lilin, lem atau yang lainnya. Jangan sekali-kali Kamu menggosok lantai vinil dengan sikat karena hal itu bisa bikin goresan dan merusak lantai vinil tentunya, awas ya hati-hati.

5. Gunakan lapisan keset dan karpet

Pastikan Kamu menggunakan lapisan keset dan karpet untuk melindungi lantai vinil agar lantai vinilmu tidak rusak. Selain itu Kamu juga bisa menghindari permukaan lantai vinil dari furnitur berat seperti lemari, kursi, meja, sofa dan sebagainya.

Hal terpenting lainnya adalah jangan pernah menyeret furnitur atau peralatan berat di rumah melalui lantai vinil, digosok aja gak boleh apalagi ini.

Demikianlah tips dari Kami, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com





0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *