Belakangan ini atap galvalum mulai populer dan menggeser atap konvensional yang terbuat dari kayu dan tripleks. Pergeseran kepopuleran ini tentunya bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor penting yang mendasarinya.

Nah, apabila Kamu tertarik untuk menggunakan atap galvalum ini, alangkah baiknya Kamu memahami dulu kelebihan dan kekurangan jenis atap yang lagi populer ini.

Kelebihan Atap Galvalum

Nama Galvalum sendiri adalah singkatan dari galvanis dan aluminium, terbuat dari baja dengan kualitas tinggi.

Galvalum, singkatan dari galvanis dan aluminium, terbuat dari baja berkualitas tinggi. Pemasangan atap dengan metode ini juga diadaptasi dari negeri sakura alias Jepang.

Kalau Kita ngomongin keuntungan, sifatnya yang ringan dan tipis tentu menjadi nilai plus. Tetapi, ada beberapa faktor lain yang bikin orang lebih memilih atap yang satu ini.

Bebas dari Rayap dan Anti Lapuk

Ya jelas atap ini aman dari serangan hama, lha wong terbuat dari baja. Jelas beda dengan atap kayu dan tripleks yang jadi santapan rayap. Ditambah lagi baja bersifat tahan terhadap lapuk dan keropos.

Dengan begitu, otomatis hal ini juga bikin perawatan atap jenis ini lebih mudah ketimbang kompetitornya.

Biaya Perawatan yang Ramah di Kantong

Bayangin aja berapa banyak duit yang harus Kamu keluarkan untuk mengganti atap gara-gara terus-terusan diserang rayap. Beda kalau pakai atap galvanium, toh galvanium memang dirancang untuk bertahan dalam waktu yang lama, sehingga gak bikin kantong bolong.

Mempercepat Pembangunan Rumah

Atap galvanium ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pembuatan rumah. Hal ini lantaran atap jenis ini sifatnya ringan sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain itu, ada juga lho atap galvanium siap pasang yang tentu saja pemasangannya jauh lebih cepat ketimbang pemasangan atap kayu atau triplek. Makin cepet makin ngirit kan.

Kekurangan Atap Galvalum

Tapi ingat, tidak ada yang sempurna, ada kelebihan pasti ada kekurangan, tak terkecuali atap yang satu ini.

Atap Cepat Panas

Atap yang terbuat baja tentu akan lebih menyerap panas ketimbang atap yang terbuat dari kayu dan tripleks. Ini bisa bikin jengkel buat orang yang tidak suka rumah yang gerah.

Tetapi, panas tidaknya rumah kan bergantung pada iklim di daerahmu. Kalau di daerahmu sering hujan, ya why not ? Bisa jadi ini adalah pilihan terbaikmu.

Tidak Semua Tukang Bisa Memasang Atap Galvalum

Sayangnya, masih sedikit sumber daya manusia yang bisa diandalkan untuk melakukan pemasangan atap galvalum ini.

Ongkos pemasangan atap galvalum ini mahal lantaran banyaknya tukang yang belum familiar dengan prosedur pemasangan atap galvalum ini ketimbang dengan pemasangan atap dengan material kayu atau triplek.

Tampilannya Kurang Menarik jika Struktur Atapnya Diekspos

Atap berbahan kayu akan terlihat cantik ketika terekspos, sedangkan atap galvalum tidak demikian, malah keliatan bosenin. Karena itulah, agar nilai estetika tidak tercemar maka, atap galvalum ini harus ditutup.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *