Kamu pengen beli rumah di usia 20-an ? Well, ga masalah. Tidak ada salahnya kalau Kamu baru menginjak usia 20-an dan cukup secara finansial untuk berinvestasi tempat tinggal.Tapi, tetap ada hal-hal yang harus dipertimbangkan kalau Kamu mau beli rumah di usia 20-an.

Lalu, apa aja sih hal-hal yang harus dipertimbangkan ? Untuk lebih jelasnya, cekidot skuy!

1. Perencanaan Matang

Sebelum membeli rumah, pastikan Kamu memiliki rencana jangka panjang agar cita-citamu bisa terwujud. Siapkan terlebih dahulu modal tabungan dengan mengatur sirkulasi keuanganmu baru kemudian Kamu mencari rumah yang cocok setelah Kamu memiliki tabungan yang cukup.

Oh ya, jangan sampai terlewat mencari program-program KPR yang memang sesuai dengan kemampuanmu. Kamu juga bisa mencari celah untuk memperoleh berbagai macam promo dan diskon harga rumah dari pengembang ataupun pemeran properti.

2. Jangan Sering Berutang

Nah ini, banyak nih anak muda yang memprioritaskan gaya hidup senang-senang ketimbang kebutuhan masa depan. Gak sedikit lho yang bela-belain kredit biar bisa beli barang yang diinginkan.

Kalau bisa melunasinya sih gak masalah tapi kalau tidak, ini yang bikin masalah. Karena utangmu yang menunggak di bank bisa berdampak negatif ketika Kamu akan mengajukan KPR di bank, pengajuan KPR-mu bisa ditolak lho.

3. Pilih Bangunan Rumah Baru

Usahakan untuk membeli rumah dengan konstruksi bangunan baru, bukan rumah bekas orang. Karena kedepannya Kamu bisa menghemat banyak uang lantaran rumah baru tidak membutuhkan perawatan ekstra dan beberapa perubahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ditambah lagi Kamu bisa ngerasain sensasinya punya rumah pertama yang benar-benar baru, rasanya pasti ashoyy sekali boss.

Selain itu, biasanya rumah-rumah yang baru dibangun oleh developer dijual dengan banyak penawaran menarik serta cara pembeliannya pun lebih variatif.

4. Persiapkan Dana Cadangan

Menabung untuk beli rumah tentu bukan perkara mudah. Belum lagi tantangan-tantangan tak terduga di masa depan yang membutuhkan dana tak terduga, tambah susah kan.

Supaya Kamu bisa menabung lebih banyak, solusinya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan agar Kamu dapat penghasilan tambahan. Kamu bisa berbisnis online atau memanfaatkan skill Kamu.

Pastikan juga asuransi rumah tersebut terjamin supaya jika kedepannya terjadi hal-hal yang dapat merusak rumah seperti kebakaran Kamu tidak perlu keluar uang untuk memperbaikinya.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *