Rumah adalah impian banyak orang disamping juga sebagai kebutuhan pokok. Rumah juga bisa menjadi sarana untuk menikmati hasil kerja keras Kamu, tetapi kira-kira bisa gak ya membeli rumah sebelum pensiun jika penghasilannya kecil ?

Tenang aja, tetap bisa kok. Simak ulasan artikel berikut ini!

Tetapkan Tujuan 

Tanyakanlah pada dirimu sendiri, jangan bertanya pada rumput yang bergoyang karna pasti tak ada jawabnya, hehe. Misalnya, Kamu membeli rumah untuk membahagiakan keluarga atau persiapan pensiun. Semakin kuat perasaanmu terhadap tujuan ini, semakin mudah pula untuk mewujudkannya.

Menabung di Rekening Khusus

Sisihkan penghasilan Kamu di tabungan dengan rekening khusus untuk membeli rumah, ingat “menyisihkan” bukan “menyisakan”, beda lho ya. Kamu juga bisa menggunakan fitur autodebet yang disediakan oleh bank sehingga penghasilanmu akan langsung dialokasikan ke rekening khusus tadi.

Belanja setelah menabung

Setelah rekeningnya siap, Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung. Katakanlah 30% penghasilan untuk tabungan membeli rumah, sedangkan 70% sisanya Kamu gunakan untuk kebutuhan bulanan. Oh ya, kalau ternyata uang belanjamu kurang, Kamu harus berhemat jangan malah mengambil uang dari tabungan, awas lho ya.

Berinvestasi

Selain menabung, Kamu juga bisa berinvestasi. Cara investasi dengan nominal setoran yang tidak begitu besar ada banyak. Atau mungkin Kamu juga bisa membeli reksadana yang stabil dan aman seperti reksadana pasar uang dan pendapatan tetap misalnya.

Pemilihan lokasi dan cicilan rumah

Hal lain yang bisa Kamu lakukan adalah dengan memilih lokasi yang tidak jauh dari transportasi publik. Jika aksesnya mudah, tentu Kamu dapat memangkas ongkos perjalanan cukup banyak.

Kamu bisa memulai untuk berhitung dengan cermat soal pengalokasian dana DP, cicilan serta perawatan rumah jika diperlukan.

Mendisiplinkan diri untuk menabung

Nah ini, kuncinya adalah disiplin. Kalau Kamu tidak disiplin maka banyak hal yang sulit Kamu raih dalam hidup, termasuk memiliki rumah salah satunya. Tekun dan disiplin, penguasaan diri diperlukan agar tidak main comot uang dari pos yang tidak diperbolehkan, berbelanja sesuai budget yang ditentukan dan menunda yang tidak diperlukan.

Selain itu Kamu juga harus bisa membebaskan diri Kamu dari cicilan yang memberatkan untuk kelancaran pengajuan KPR-mu nanti.

Disadur dari intiland.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *