Bisa dibilang atap baja ringan lebih diminati karena dipercaya lebih menguntungkan ketimbang atap kayu. Lantas, apa aja sih keuntungan-keuntungan atau kelebihan-kelebihan baja ringan ketimbang atap jenis lainnya ?

Nah, untuk lebih jelasnya cek ulasan artikel berikut ini!

6 kelebihan atap baja ringan

Kelebihan atap baja ringan bisa dibilang cukup banyak, keunggulan utamanya antara lain sebagai berikut:

1. Anti karat dan anti rayap

Dari namanya saja bisa diketahui baja ringan terbuat dari logam, sehingga sudah pasti tidak disukai rayap. Atap baja ringan juga anti karat soalnya material logam yang digunakan untuk membuat baja ringan ini logam yang anti karat.

2. Lebih murah dibandingkan kayu

Kayu semakin susah dicari sehingga bikin harga kayu mengalami fluktuasi tajam. Di sisi lain, baja ringan masih gampang dicari sehingga harganya pun relatif stabil. Jadi, dari segi harga tentu baja ringan lebih murah ketimbang atap kayu.

3. Proses pemasangan mudah dan murah

Proses pemasangan baja ringan lebih mudah sehingga prosesnya bisa lebih singkat. Otomatis biaya pemasangannya pun juga bisa lebih hemat.

4. Punya sifat yang lentur

Kalau dibandingkan dengan baja konvensional, baja ringan jauh lebih lentur. Tegangan tarik baja konvensional hanya 300 Mpa sedangkan baja ringan bisa sampai sekitar 550 Mpa. Dengan sifat lentur ini baja ringan mampu menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar.

5. Daya tahan jangka panjang

Kualitas daya tahan baja ringan sangat baik lantaran tidak mudah mengalami penyusutan ataupun pelapukan. Ditambahlah lagi baja ringan tetap kokoh untuk menahan kestabilan bangunan dibandingkan dengan kayu walaupun lebih lentur ketimbang baja konvensional.

6. Bisa didaur ulang

Baja ringan termasuk material yang eco friendly karena bisa untuk didaur ulang. Jadi, semisal suatu saat hendak membongkar atap baja ringan, jangan lansung dibuang tapi disimpan dulu. Material baja masih bisa digunakan apabila hendak membuat konstruksi bangunan lagi.

Pemerintah pun juga kerap menggaungkan penggunakan baja ringan karena karakteristiknya yang bisa didaur ulang.

Demikian ulasan singkatnya, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *